Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, AS Sukawijaya alias Yoyok Sukawi. foto: dok.pribadi

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Beasiswa program Indonesia pintar (PIP) yang disalurkan oleh anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, AS Sukawijaya alias Yoyok Sukawi di setiap tahunnya membuat warga Kota Semarang, khususnya bagi kalangan kurang mampu, merasa terbantu.

Dengan program ini, anak-anak sekolah penerima beasiswa PIP di Kota Semarang mendapatkan bantuan yang digunakan untuk meringankan beban pengeluaran keluarga. Subsidi tersebut bisa digunakan untuk membeli alat perlengkapan sekolah guna mendukung proses belajar siswa.

Sudaris (41), warga Kelurahan Dadapsari, Kecamatan Semarang Tengah mengaku merasa terbantu dengan bantuan beasiswa PIP dari Yoyok Sukawi. Anaknya berusia 15 tahun dan kini duduk di kelas IX SMPN 25 Semarang.

“Dari kelas 1 SMP sudah dapat beasiswa PIP. Program ini sangat membantu orang tua siswa yang mendapatkan, bisa dibuat beli perlengkapan sekolah dan lain-lain yang dibutuhkan anak sekolah,” kata dia, Sabtu 10 Agustus 2024.

Dia mengaku tidak asing dengan Yoyok Sukawi. Menurutnya CEO PSIS itu sosok yang humanis, suka berbaur dan sering membantu masyarakat. Terlebih dia menilai Yoyok Sukawi sebagai wakil rakyat yang peduli dengan pendidikan anak.

“Orangnya humanis, humble, suka membantu dan tidak canggung untuk berbaur dengan masyarakat. Enak diajak ngobrol kalau ada kegiatan Mas Yoyok tidak menjaga jarak, bisa berbaur dengan masyarakat,” kata Sudaris.

Dengan berbagai karakter itu, menurutnya, Yoyok Sukawi ialah sosok yang tepat untuk menjadi Wali Kota Semarang berikutnya. Bahkan dia menginginkan putra mantan Wali Kota Semarang, Sukawi Sutarip itu mencalonkan diri pada Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) 2024 mendatang.

“Kalau untuk kemungkinannya Mas Yoyok jadi, hampir semua masyarakat tahu sih Mas Yoyok seperti apa. Kalau saya yakin pasti jadi (Wali Kota Semarang),” kata pria yang bekerja sebagai pedagang tersebut.

Sementara Sumini (48), warga Kelurahan Muktiharjo Lor juga mengaku terbantu dengan bantuan beasiswa PIP dari Yoyok Sukawi. Anaknya yang kini duduk di kelas 2 SDN Muktiharjo Lor menerima program tersebut sejak kelas 1.

“Sangat membantu sekali, bisa membeli perlengkapan sekolah, anak saya juga suka, senang karena dapat beasiswa,” kata seorang ibu yang setiap harinya berjualan di pasar tersebut.

Dia mengaku memang tidak tahu dan tidak begitu kenal dengan Yoyok Sukawi. Namun dia mengenal ayahnya Sukawi Sutarip yang pernah menjadi Wali Kota Semarang tahun 2000 hingga 2010. Dia pun berharap agar Yoyok Sukawi bisa melanjutkan ayahnya pada Pilwakot 2024 kali ini.

“Biarpun saya gak begitu tahu, tapi dia pernah datang ke wilayah kami. Warga pasti mendukung warga di wilayah kami, karena Pak Yoyok sering membantu di wilayah kami,” ungkap Sumini.

Yoyok Sukawi ialah anggota Komisi X DPR RI yang membidangi masalah pendidikan dan keolahragaan. Pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024, Yoyok Sukawi berniat maju sebagai calon wali kota Semarang.

Saat ini sudah ada enam partai politik yang membentuk Koalisi Semarang Maju dan mengarahkan dukungan untuk bos PSIS tersebut. Yakni Partai Demokrat, PKS, PKB, Nasdem, PAN, dan PPP, dengan perolehan sebanyak 20 kursi di parlemen.

Hery Priyono