Para buruh rokok saat mendeklarasikan dukungan untuk Sam'ani-Bellinda. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ratusan perempuan pekerja pabrik rokok di wilayah Kabupaten Kudus satu suara mendukung pasangan Sam’ani Intakoris dan Bellinda Putri Sabrina Birton menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kudus periode 2024-2029.

Tergabung dalam kelompok “Srikandi Suka Sambel (Sam’ani-Bellinda)”, ratusan buruh perempuan tersebut mendeklarasikan dukungan kepada pasangan yang memiliki tagline “Kudus Sehat” pada Minggu (11/8).

Hadir langsung dalam deklarasi, pasangan Sam’ani-Bellinda menyampaikan sejumlah programnya ketika mereka terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kudus berikutnya.

Sam’ani mengatakan, saat dirinya menjadi Bupati, 30 persen dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) akan diserahkan seluruhnya untuk buruh rokok di Kudus. Termasuk bantuan langsung tunai (BLT) bagi buruh rokok juga akan terus dianggarkan.

“Tapi pesan kami, BLT jangan dibuat beli skincare ya,” kata Samani di depan semua perempuan yang datang.

“Mohon doa dan dukungan jenengan semua, coblos (gambar/nomor) kami yang ada pasangan perempuannya di Pemilihan 27 November 2024 nanti,” pinta Sam’ani.

Selain berkaitan dengan dana cukai, pasangan Sam’ani-Bellinda juga memiliki program menggratiskan iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi keluarga rentan di Kudus selama lima tahun karena akan dibayar menggunakan anggaran pemerintah.

Dengan bermacam program itu, para perempuan pekerja rokok di Kudus sepakat untuk mendukung pasangan Samani-Bellinda dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus tahun ini.

“Program-programnya Pak Sam dan Bu Bellinda sangat bagus dan mampu menyejahterakan para buruh di Kudus,” kata Putri Puji Lestari, pekerja PT Djarum brak SKT Besito.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Hermalia Eka Yuniar, pekerja pabrik rokok PT Djarum brak SKT Karangbener.

“Programnya bagus-bagus dan bisa menyejahterakan kita semua. Saya akan mengajak srikandi (perempuan) lainnya untuk mencoblos Pak Sam’ani dan Bu Bellinda saat Pilkada nanti,” ujarnya.

Mendapat banyak dukungan dari para perempuan di Kudus, Bellinda Birton mengucapkan terima kasih atas dukungan tersebut.

“Saya terima kasih sekali atas dukungan dan support-nya, semoga Srikandi ini semuanya solid sampai hari pencoblosan dan semakin banyak massa,” ujar Bellinda.

Sebagai representasi keterwakilan perempuan dalam Pilkada Kudus tahun ini, Bellinda memiliki sejumlah program untuk kesejahteraan perempuan di Kudus.

Bila di perusahaan sekarang sudah menyediakan fasilitas pumping untuk ibu menyusui, jasa antar ASI ke anak akan menjadi inovasi yang akan diprogramkan.

Di sisi lain, Ketua Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM-SPSI) Kabupaten Kudus, Subaan yang datang dalam deklarasi kali ini juga mengajak semua pekerja rokok di Kudus mendukung pasangan Sam’ani-Bellinda dalam Pilkada Kudus mendatang.

Berbicara sejarah, lolosnya BLT yang sekarang rutin didapat para pekerja rokok di Kudus, menurut Subaan itu atas bantuan Sam’ani saat masih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kudus.

“BLT itu awalnya tidak dapat, tapi saat Pak Sam jadi Sekda, akhirnya diloloskan 64 ribu orang,” katanya.

Sebagai informasi, dukungan dari kaum perempuan pekerja rokok untuk Samani-Bellinda telah datang dari 9 kecamatan di Kudus, mulai dari Jekulo hingga Kaliwungu. Namun khusus hari ini, deklarasi dukungan datang dari wilayah Kecamatan Bae dan Gebog.

Ali Bustomi