Kepala Disdikpora Kab. Jepara Ali Hidayat saat melepas peserta OSN Tingkat Nasional. Foto: Wuriyanto

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bertempat di Redtop Hotel dan Convention Center Jakarta, mulai tanggal 5 – 11 Agustus 2024 telah dilaksanakan Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat Nasional Tahun 2024 baik untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs.

Pada ajang tersebut, Kabupaten Jepara mengirimkan  4 wakilnya yaitu untuk jenjang SD/MI, Amira Nur Rahmadani dari SDN 2 Dorang bidang Matematika dan Muhammad Akbar Raihan dari SD Muhammadiyah Kriyan untuk bidang IPA. Sementara itu dari jenjang SMP/MTS, Haiva Almahya Adiba Qianza dari SMPN 5 Jepara bidang IPA dan Okta Riyan Wijaya dari MTS Mathalibul Huda Mlonggo bidang Matematika.

Haiva Almahya Adiba Qianza dari SMPN 5 Jepara bidang IPA meraih medali perunggu. Foto: Dok Disdikpora Jepara

Setelah melalui penjurian yang sangat ketat, wakil dari Jepara Muhammad Akbar Raihan dari SD Muhammadiyah Kriyan untuk bidang IPA dan Haiva Almahya Adiba Qianza dari SMPN 5 Jepara bidang IPA meraih medali perunggu.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara Ali Hidayat, prestasi Muhammad Akbar Raihan dan Haiva Almahya Adiba Qianza merupakan kado terindah dari insan pendidikan di hari kemerdekaan   untuk masyarakat  Kabupaten Jepara. “Prestasi ini juga diharapkan memacu kinerja guru dan  memotivasi para pelajar untuk terus mengembangkan potensi dirinya,” ujar Ali Hidayat

Wakil dari Jepara Muhammad Akbar Raihan dari SD Muhammadiyah Kriyan peraih medali perunggu untuk bidang IPA. Foto: Dok Disdikpora Jepara

Sebelumnya saat melepas tim OSN maju ke Tingkat Nasional, Ali Hidayat selaku Kepala Dinas Dikpora Jepara berpesan untuk tetap semangat dalam mengikuti lomba tidak perlu minder ataupun berkecil hati menghadapi peserta lain yang hadir dari seluruh Indonesia.

Lomba yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek tersebut secara umum bertujuan untuk mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mewujudkan bangsa yang unggul.

Bidang lomba jenjang SD yaitu IPA dan Matematika. Sedangkan untuk jenjang SMP/MTS terdiri dari IPA, Matematika, dan IPS. Dalam event tersebut peserta tidak hanya berkompetisi mengerjakan soal tetapi juga mengikuti kegiatan games edukasi sehingga peserta menjadi senang dan terhibur. Selain itu untuk pendamping dari masing-masing provinsi mengikuti Seminar Pembinaan Sains di Sekolah yang diselenggarakan oleh panitia.

Hadepe – Wuriyanto