Mahasiswa UKSW, Clarissa Gitta Aprillia dan Michael Firdy Riyanto. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Menorehkan pencapaian luar biasa, dua mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) terpilih menjadi bagian dari paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) yang akan mengiringi upacara peringatan HUT RI ke-79 di Istana Negara.

Mereka adalah Clarissa Gitta Aprillia dan Michael Firdy Riyanto. Berhasil melalui proses seleksi yang ketat di tingkat kota dan Provinsi, pencapaian keduanya menjadikan mereka sebagai perwakilan Jawa Tengah untuk dua dari empat kategori suara yang terdiri atas sopran, alto, tenor, dan bass. Clarissa sebagai perwakilan tunggal sopran, sedangkan Michael perwakilan tunggal tenor.

Luapan rasa bahagia tidak mampu disembunyikan keduanya. Akhirnya mereka memiliki kesempatan menyalurkan bakat serta hobi bernyanyi masing-masing di acara bersejarah. Bagi Michael, momen ini merupakan kesempatan emas dalam menambah pengalamannya di kancah nasional.

“Nantinya kami akan membawakan sekitar 25 lagu. Hal ini menjadi suatu tantangan sekaligus pengalaman baru bagi saya. Dengan mengikuti rangkaian latihan, kami berharap bisa menghasilkan penampilan yang maksimal di Istana Negara nanti,” ucap pria yang sebelumnya juga telah meraih prestasi sebagai juara 1 kategori solo remaja putra di Pentas Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) 2024 ini, Selasa (6/8/2024).

Ia menambahkan, sejak 2 Agustus 2024, pelatihan terpusat secara intensif mulai dilakukan di Wisma Kinasih Depok, dengan anggota GBN 2024 yang terdiri dari ratusan penyanyi paduan suara, serta puluhan pemain orkestra yang berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia.

Kehormatan

Tidak jauh berbeda dengan yang dirasakan Michael, kesempatan tampil bersama GBN 2024 merupakan suatu kehormatan bagi Clarissa. Gadis kelahiran tahun 2003 ini mengungkapkan bahwa kesempatan tersebut akan memberi ruang khusus untuk semakin memaknai dan mengenang perjuangan pahlawan nasional melalui sumbangan suara emasnya di upacara HUT RI ke-79.

Ia menghargai proses pelatihan menuju puncak penampilan sebagai momen yang tidak kalah berharga, mengingat pertemuan ke depannya bersama para penyanyi bertalenta lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. “Melalui proses latihan, pasti rasa toleransi dan persatuan dalam keberagaman akan bertumbuh demi menampilkan yang terbaik untuk memperingati HUT RI,” kata Clarissa yang juga telah menorehkan banyak prestasi di kancah nasional dan internasional bersama paduan suara UKSW, Voice of SWCU ini.

Ia berharap penampilan mereka dapat menginspirasi lebih banyak penyanyi dan musisi muda. Selain itu juga mampu membanggakan para pelatih, keluarga, maupun seluruh pihak yang mendukung perjalanan anggota paduan suara dan orkestra GBN 2024 menuju penampilan yang terbaik.

Ning S