Rukun Warga (RW) 5 Dukuh Kedung Rejo Proyonanggan Selatan, Kabupaten Batang ntusias bermain sepakbola tanpa alas kaki. Foto: Diskominfo Batang

BATANG (SUARABARU.ID) – Rukun Warga (RW) 5 Dukuh Kedung Rejo Proyonanggan Selatan, Kabupaten Batang punya cara unik dalam memeriahkan HUT ke-79 Republik Indonesia. Mereka menggelar turnamen sepakbola bertajuk Liga Lepek Kedung Rejo di Lapangan Kampus Dracik, Kabupaten Batang, Kamis (1/8/2024).

Liga Lepek Kedung Rejo diikuti oleh 6 tim dari masing-masing RT di wilayah Dukuh Kedung Rejo.

Ketua RW 5 Kedung Rejo Faisal mengatakan, Liga ini bukan hanya tentang mencari juara, tetapi juga untuk mempererat tali silaturahmi dan mengedepankan nilai sportivitas semangat generasi muda.

“Kegiatan ini selalu ada setiap tahunnya sebagai agenda rutin Kemerdekaan RI dan selama ini sudah berjalan selama 20 tahun. Pada Liga Lepek Kedung Rejo uniknya harus bermain tanpa pakai sepatu semua pemain,” jelasnya.

Hal ini merupakan peraturan bersama untuk menghindari permainan keras dan emosi para pemain supaya pertandingan berjalan menarik dan menujukan permainan yang bagus.

“Melalui pertandingan ini, kita dapat mengenang kembali masa-masa kejayaan saat bermain sepak bola bersama,” terangnya.

Untuk hadiah yang diperebutkan adalah piala bergilir dan uang tunai. Sebetulnya pada 10 tahun yang lalu hadiahnya satu ekor kambing yang nantinya dimakan bersama.

Meskipun begitu, lanjut dia, kemeriahan menyambut HUT Kemerdekaan RI Ke-79 sangat antusiasme tinggi dari para peserta dan penonton.

“Liga ini juga diharapkan, dapat menginspirasi generasi muda tentang pentingnya sportivitas dan kebersamaan,” ujar dia.

Nur Muktiadi