Ketua PD IPHI Kabupaten Tegal H Fatchudin Rosidi, berfoto bersama dengan Ketua PW IPHI Jateng, Prof Dr Imam Taufiq dan jajaran lainnya, usai pelaksanaan Musda. Foto: dok/iphi

SLAWI (SUARABARU.ID)– Haji Fatchudin Rosidi akhirnya terpilih sebagai Ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Tegal, untuk Periode 2024-2029.

Terpilihnya H Fatchudin itu, melalui sidang Musyawarah Daerah (Musda) VIII/2024 PD IPHI Kabupaten Tegal, yang berlangsung di Aula Gedung IPHI Kabupaten Tegal, Sabtu (27/7/2024).

Prosesi pemilihan pun berjalan dengan lancar dan gayeng, melalui pemilihan langsung, terbuka dan rahasia, yang diikuti tiga kandidat, H Agus Subagyo, H Fatchudin Rosidi dan H Hasan Munawar.

BACA JUGA: Pertama di Indonesia, Pemkot Semarang Susun Perwal Penyelenggaraan Pariwisata Berkualitas

Hadir dalam Musda VIII itu, Ketua PW IPHI Jawa Tengah Prof Dr H Imam Taufiq, Kabag Kesra Kabupaten Tegal mewakili Pj Bupati Drs H Abdul Basit MM, dan Perwakilan DPRD Kabupaten Tegal.

Selain itu, hadir juga segenap Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Tegal, Pengurus Cabang IPHI Kecamatan se-Kabupaten Tegal, dan para pengurus KBIHU di wilayah setempat.

Ketua PW IPHI Jateng, Prof Imam Taufiq mengatakan, Musda murupakan forum bersama dan strategis, dalam mencanangkan langkah-langkah ke depan, serta memilih ketua untuk kemajuan IPHI selama lima tahun kepengurusan.

BACA JUGA: Dukung Penyediaan Energi Gas Bumi di IKN, PGN Salurkan Gas ke Hotel Nusantara

Dia juga merasa bangga dengan keaktifan dan energiknya IPHI Kabupaten Tegal, hingga ke level pengurus cabang di masing masing kecamatan. Ini dibuktikan, dengan kehadiran dan antusiasme yang tinggi dari para pengurus cabang yang hadir saat itu.

”Satu hal yang harus kita ketahui bersama, tidak ada mantan haji. Maka upaya pelestarian haji mabrur harus senantiasa bergerak, bermanfaat dan berkelanjutan. Maka bersama kita rumuskan program-program khusus yang inovatif, demi kemajuan IPHI,” kata Prof Imam Taufiq, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Besongo Darul Falah, Semarang itu.

Sementara itu, Pj Bupati Tegal yang diwakili Kabag Kesta Drs H Abdul Basit MM, mengapresiasi penyelenggaraan Musda kali ini. Menurutnya, IPHI Kabupaten Tegal jadi mitra strategis dalam pemberdayaan dan pembinaan keagamaan. Bersama Pemerintah Kabupaten Tegal, IPHI mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik.

BACA JUGA: Jelang Pilkada 2024, Ormas Punya Peran Penting Menjaga Iklim Sejuk di Kota Magelang

”Pemkab bersama IPHI Kabupaten Tegal akan terus menjadi mitra yang aktif dan bersinergi bersama, dalam membangun kesejahteraan warga, melalui program kajian dan pengajian agama. Karena hal itu juga merupakan bentuk dari ikhtiar mulia, dalam melestarikan kemabruran ibadah haji kita,” ujar dia.

Sedangkan Ketua terpilih, H Fatchudin Rosidi menyatakan, pihaknya akan berupaya secara maksimal untuk membesarkan IPHI Kabupaten Tegal. Dukungan dari semua pihak sangat diharapkannya, untuk keberlanjutan organisasi ini.

”Kami mohon doa dan restu dari semua pihak, agar para pengurus PD IPHI Kabupaten Tegal bisa berusaha secara maksimal, dalam membantu meningkatkan kesejahteraan warga, melalui rumah khidmah kami di IPHI ini,” harap H Fatchudin.

Riyan