Setter LavAni Allobank Electric, Buiatti (kiri/merah), melancarkan smes ke arah lawannya Palembang Bank SumselBabel. Foto: dok/proliga

SURABAYA (SUARABARU.ID)– Tim Bola Voli Putra Jakarta LavAni Allobank Electric, yang juga sebagai juara bertahan, tinggal selangkah lagi melaju ke partai puncak PLN Mobile Proliga 2024, usai mengakhiri laga putaran Final Four Seri I, dengan mengalahkan Palembang Bank SumselBabel, di GOR Bung Tomo, Surabaya, Minggu (7/7/2024).

Pada akhir laga itu, tim milik Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menang dengan skor 3-0 (25-11, 34-32, 25-17). Ini merupakan kemenangan ketiga tim asuhan Nicolas Vives, dari tiga laga di seri pertama ini. Sebelumnya, LavAni sudah memenangkan laga melawan Jakarta Bhayangkara Presisi dan Jakarta BIN masing-masing dengan skor 3-0 dan 3-1.

Dengan tiga kemenangan yang sudah diraih, Dio Zulkifli dkk, kini tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi, untuk mengamankan lolos ke Grand Final Proliga musim ini. Dan sebagai juara putaran pertama Final Four, LavAni berhak menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp 60 juta. Sebelumnya, LavAni juga menjuarai putaran kedua babak reguler.

BACA JUGA: Perumda Objek Wisata Taman Kyai Langgeng Buka Lowongan Direktur

Asisten pelatih LavAni, Samsul Jais mengatakan, timnya melakukan rotasi sejumlah pemain saat menghadapi Bank SumselBabel sebagai bagian dari strategi. ”Babak empat besar tidak hanya membutuhkan taktik dan fisik yang bagus, tetapi mental juga harus siap. Malam ini kami bermain bagus, seperti yang dilakukannya saat latihan,” lanjutnya.

Sementara itu di laga sebelumnya, Bhayangkara Presisi membuka peluang lolos ke Grand Final, usai membungkam STIN BIN dengan skor 3-1 (18-25, 25-18, 25-22, 25-16).

Hasil ini menjadi kemenangan pertama Bhayangkara Presisi, setelah di dua laga sebelumnya kalah dari juara bertahan Jakarta LavAni Allobank Electric dengan skor 0-3 dan Palembang Bank SumselBabel 2-3.

BACA JUGA: Trabas Kamtibmas di Cilacap, Kapolda Jateng Bagikan Ribuan Paket Sembako untuk Masyarakat

Dengan tiga laga yang masih akan dimainkan pada putaran kedua di GOR Jatidiri, Semarang, Kamis-Minggu (11-14/7/2024) mendatang, Bhayangkara Presisi masih memiliki peluang menembus grand final.

Sebaliknya, peluang Jakarta STIN BIN cukup berat untuk melangkah ke partai puncak, karena harus memenangkan tiga kali laga di Semarang nanti. Dan itupun harus berhitung dengan hasil tim lain, karena STIN BIN sudah menelan tiga kekalahan sepanjang putaran pertama Final Four.

Riyan