Seorang pembalap saat melahap salah satu tikungan berbahaya dengan lancar, untuk menyelesaikan Heat 1, di Sirkuit Lapangan Garnisun, Semarang, Jumat (5/7/2024). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pimpinan Lomba Trial Game Dirt 2024, Jim Sudaryanto mengatakan, sebanyak 58 starter yang turun di empat kelas berbeda, mulai bertarung guna memperebutkan gelar Juara Umum. Event Trial Game Dirt ini dimulai di Kota Semarang, tepatnya di Sirkuit Lapangan Garnisun, sebagai seri perdana yang berlangsung Jumat-Sabtu (5-6/7/2024) ini.

Menurut dia, ada sejumlah hadiah yang disediakan panitia penyelenggara untuk peraih gelar Juara Umum. Pemenang atas akumulasi poin yang dikumpulkan, akan tampil sebagai Juara Umum dan berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 45 juta.

”Sebelumnya, kita menyediakan hadiah sebuah mobil pick up untuk peraih gelar Juara Umum. Namun kini kami mengubahnya, dengan memberikan hadiah uang pembinaan kepada pemenang,” kata Jim dalam keterangannya kepada sejumlah awak media, di sela pelaksanaan lomba, Jumat (5/7/2024) petang.

BACA JUGA: Bupati Serahkan Songsong Agung, Awali Rangkaian Peringatan Hari Jadi Ke-199 Wonosobo

Sejak dimulainya race pada sore hari, puluhan krosser berusaha keras beradaptasi dan menaklukan lintasan, demi meraih catatan waktu tercepat. Terlebih dengan adanya regulasi baru yang kini diterapkan.

Kali ini dalam regulasi baru ditetapkan, catatan waktu tercepat dalam setiap heat untuk kelas FFA Open, Campuran Open, dan FFA Master akan dikonversikan dan diakumulasikan sebagai poin.

”Tahun lalu kami melihat pemenang dari catatan waktu tercepat dari tiga heat. Namun kini catatan waktu peserta di setiap heat-nya, akan dikonversikan menjadi poin. Sehingga para krosser memiliki kesempatan yang sama besarnya, untuk menjadi juara di masing-masing kelas yang dipertandingkan,” ujar Jim lagi.

BACA JUGA: Villa Borobudur Resort Kembangkan Kamar Baru

Seri perdana ini diikuti 58 starter dari empat kelas yang diperlombakan, yaitu Free For All (FFA) Open, Campuran Open, Campuran Non Seeded, dan FFA Master. Mereka harus melewati beragam obstacle menantang di lintasan, seperti double car jump, jumpingan patah, giant table top, titian kobra, jumpingan kurma royal, jumping tong, serta yang terbaru big foot jump.

Di kelas utama FFA Open, Ivan Harry Nugroho dan M Excel memimpin klasemen Heat 1 dan 2, dengan poin sama, 47. Disusul Lantian Juan di posisi ketiga dengan 40 poin. Pada kelas Campuran Open, Lantian Juan dan Ivan Harry Nugroho memimpin klasemen sementara dengan poin di Heat 1 dan 2 masing-masing 47. Posisi ketiga krosser asal tim BSM 313, M Excel dengan poin 40.

Trial Game Dirt 2024 di Semarang masih akan berlanjut Sabtu (6/7/2024). Para rider di tiga kelas utama, FFA Open, Campuran Open dan Campuran Non Seeded, wajib menuntaskan balapan Heat 3 dan 4.

Riyan