Ilustrasi: Gerbang masuk kampus UNS di Jalan Ir Sutami Surakarta. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Pendaftaran bakal calon rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta 2024 – 2029 yang dibuka sejak 2 Mei 2022 telah berakhir pada 28 Mei 2024.

Sampai pendaftaran ditutup tercatat ada enam peminat yang mendaftar sebagai bakal Calon Rektor UNS. Mereka adalah  Prof. Dr. Sunny Ummul Firdaus, S.H.,M.H. dari Fakultas Hukum (FH), Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si. dari Fakultas Kedokteran (FK), Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si. dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Kemudian Prof. Dr. Ir. Cucuk Nur Rosyidi, S.T., M.T. dari Fakultas Teknik (FT), Prof. Dr.E. Muhtar, S.Pd., M.Si., CFrA. dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Prof. Dr. Warsito, S.Si, DEA, Ph.D. dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia (RI).

“Sesuai  Peraturan Majelis Wali Amanat (PMWA) No. 1 Tahun 2024 Tentang Tata Cara Pemilihan Rektor UNS, PPR tidak melakukan perpanjangan masa pendaftaran Bakal Calon Rektor. Alasannya , karena telah memenuhi jumlah pendaftar minimal lima orang  sesuai dengan ketentuan,” terang Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) UNS, Prof. Dr. Mohammad Jamin, S.H., M.Hum Rabu (29/5/2024).

Berakhirnya masa pendaftaran, lanjut Prof. Dr. Mohammad Jamin, PPR UNS selanjutnya akan akan melakukan proses verifikasi administrasi dan faktual persyaratan Bakal Calon Rektor pada 12-23 Juni 2024.

Daftar Bakal Calon Rektor yang lolos verifikasi akan ditetapkan oleh MWA UNS pada tanggal 25 Juni 2024. Rangkaian jadwal setelahnya yakni penerimaan masukan dari warga kampus UNS pada 25 Juni hingga 2 Juli 2024.

Kemudian dilanjutkan dengan Forum Uji Publik oleh panelis pada tanggal 2 Juli 2024. Pada 9 Juli 2024, MWA UNS akan menetapkan dan mengumumkan tiga Calon Rektor UNS periode 2024-2029.

Para calon rektor akan melakukan penyampaian visi, misi, dan program kerja masing-masing pada 18 Juli 2024. Agenda kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Rektor UNS periode 2024-2029 yang akan dilakukan MWA UNS dalam rapat pleno pada tanggal yang sama.

Penetapan rektor terpilih dan penyampaian hasil penetapan kepada rektor terpilih akan langsung dilakukan usai rapat pleno tersebut.Akhir dari rangkaian kegiatan ini merupakan Pelantikan dan pengambilan sumpah Rektor UNS terpilih untuk masa jabatan 2024-2029 akan dilakukan pada 8 Agustus 2024.

“Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak dan mohon dukungan agar proses pemilihan Rektor UNS dapat berjalan dengan lancar,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Prof. Jamin.

BagusAdji