Gregoria Mariska Tunjung. Foto: dok/getty images

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Para pebulutangkis Indonesia sukses lolos ke Babak 16 Besar Turnamen Level Super 750, KFF Singapore Badminton Open 2024. Dari lima nomor yang dipertandingkan di Singapore Indoor Stadium, Rabu (29/5/2024), Indonesia sukses menempatkan semua wakilnya.

Di nomor tunggal putra diwakili Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Pada nomor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung masih melaju mulus. Sedangkan tiga pasang ganda putra, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardiansyah serta Sabar Karyaman Gautama/Moh Reza Pahlevi Isfarani, juga menyusul lolos.

Di nomor ganda putri, duet Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti belum menemui lawan beratnya. Pasangan ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja juga punya peluang lolos ke babak berikutnya.

BACA JUGA: Cara Unik Peternak Kambing Wonosobo Gaet SPG untuk Promosi ke Pembeli

Yang cukup mengejutkan yakni, kegagalan juara All England 2024, Jonathan Christie di tangan pebulutangkis Taipei, Chou Tien Chien. Kekalahan ini cukup menyesakkan, mengingat penampilan Jonathan Christie yang sebenarnya cukup stabil. Apalagi skor telak yang didapatkannya cukup mengagetkan, 17-21, 6-21.

Pada Kamis (30/5/2024) ini, masih di tempat yang sama, delapan wakil Indonesia akan berusaha tampil maksimal untuk lolos ke babak perempat final. Sesuai jadwal yang dirilis, laga baru akan dimulai pukul 10.00 waktu Singapura.

Di nomor tunggal putra, Ginting akan menghadapi Leong Jun Hao (Malaysia), dan Chico jumpa unggulan kelima asal Jepang, Kodai Naraoka. Sedangkan di nomor tunggal putri, Jorji akan melawan Pai Yu Po (Taipei).

BACA JUGA: Pemeriksaan Standar Kualitas sebelum Idul Adha, Dompet Dhuafa Jateng Jamin Hewan Kurban Terbaik

Pada nomor ganda putra, tiga wakil Indonesia bakal menemui lawan tangguh. Ganda Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana jumpa unggulan tiga asal Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Lalu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardiansyah menghadapi Fang-Chih Lee/Fang-Jen Lee.

Satu ganda putra Indonesia Non Pelatnas, Sabar Karyaman Gautama/Moh Reza Pahlevi Isfarani bakal berlaga melawan ganda Cina, Liang Wei Keng/Wang Chang, yang merupakan unggulan kedua. Pada pertemuan terakhirnya, Sabar/Reza mampu memberikan perlawanan keras, meski akhirnya kalah.

Satu-satunya pasangan ganda campuran Indonesia, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, juga berupaya menjaga asa untuk bisa tampil sebagai juara. Mereka akan jumpa ganda asal Taipei, Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin.

Bila melihat komposisi lawan-lawan yang akan dihadapi pebulutangkis Indonesia itu, kita masih bisa berharap ada wakil yang bisa lolos ke babak berikutnya. Setelah hanya satu wakil yang tampil di final Malaysia Master 2024 yang baru lalu, kini saatnya situasi itu harus berubah.

Riyan