Penyerahan souvenir cinderamata antara Ketua DPR RI, Puan Maharani, dan Dirut PT Sido Muncul, David Hidayat, dengan disaksikan Direktur PT Sido Muncul, Irwan Hidayat, di Agro Wisata Sido Muncul, Jumat 5 Juli 2024. foto : hery priyono/sb.id

KABUPATEN SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ketua DPR RI, Puan Maharani, bersama rombongan anggota dewan mengunjungi pabrik jamu Sido Muncul yang berada di Kecamatan Bergas, Ungaran, Jumat siang 5 Juli 2024.

Tak sendiri, datang bersama rombongan Komisi DPR RI, Puan meninjau perkembangan produk Sido Muncul yang merupakan produsen jamu dan obat herbal modern terbesar di Indonesia.

Kedatangan Puan di Pabrik Sido Muncul disambut langsung oleh Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat serta Direktur Utama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, David Hidayat, dan para jajaran manajemen Sido Muncul lainnya.

“Ini silaturahmi setelah hampir 5 tahun tidak berkunjung ke Sido Muncul. Sido Muncul inikan satu produk buatan anak Indonesia atau produk Indonesia yang sampai hari ini cukup terpercaya, bahkan sampai ke luar negeri banyak sekali yang menggunakan produk ini dan cinta Indonesia,” kata Puan.

Kunjungan ini sendiri merupakan kali kedua Puan bertandang ke Pabrik Sido Muncul. Puan juga sempat meninjau pabrik jamu Sido Muncul saat masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) tahun 2019.

Puan pun mengaku senang bisa kembali datang ke Pabrik Sido Muncul untuk melihat perkembangan terbaru produk-produk dari produsen jamu unggulan tersebut.

Puan Maharani bersama Irwan Hidayat dan David Hidayat berfoto disamping tanaman Mahkota Dewa yang pernah ditanamnya saat menjadi Menko PMK RI pada 2019. foto : hery priyono/sb.id

Ia juga mengenang kedatangannya di tahun 2019 di mana saat itu Puan berkesempatan menanam tanaman Mahkota Dewa yang merupakan salah satu bahan pembuatan produk jamu Sido Muncul.

“Saya senang sekali bisa kembali lagi ke Sido Muncul. Saya juga senang mendapat kabar bahwa Sido Muncul selama ini terus berinovasi dan berkembang. Semua itu menunjukkan bahwa Sido Muncul terus menjadi kebanggaan Indonesia,” katanya.

Menurut politisi dari PDI Perjuangan ini, DPR akan terus mendukung kemajuan produk-produk dalam negeri. Termasuk produk jamu – jamu yang dihasilkan Sido Muncul untuk bisa semakin mendunia

“DPR RI akan terus mendukung perusahaan-perusahaan Indonesia yang membawa produk-produk Indonesia berkibar di dalam dan luar negeri,” katanya.

Lebih lanjut, Puan mengaku bangga dengan prestasi Sido Muncul yang berhasil membawa produk budaya Indonesia mendunia.

Ia mengatakan, keunggulan Sido Muncul justru dari bagaimana perusahaan bisa ‘membumikan’ produk tradisional menjadi produk yang modern dan berdaya saing.

“Sido Muncul terus menunjukkan bahwa jamu yang merupakan salah satu ciri khas Indonesia, jika dikelola dengan baik dapat menjadi salah satu kekuatan ekonomi bangsa,” katanya.

“Itu yang menjadi cita-cita kita bersama, bahwa ekonomi Indonesia kuat dengan bertopang pada produk dan jasa yang mengakar kepada keunikan dan ciri khas bangsa Indonesia,” lanjut perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, didampingi Direktur PT Sido Muncul, Irwan Hidayat, dan Dirut PT Sido Muncul, David Hidayat, menuliskan pesan dan kesan untuk Sido Muncul, Jumat 5 Juli 2024. foto : hery priyono/sb.id

Puan mengapresiasi kemajuan Sido Muncul yang terus mengembangkan produk-produknya dan menyatakan inovasi-inovasi seperti yang dilakukan Sido Muncul akan membuat perusahaan semakin maju dan dampaknya pun akan dirasakan oleh negara dari sisi ekonomi.

Oleh karena itu, Puan mendukung agar produk – produk jamu sebagai salah satu produk budaya Indonesia terus dilestarikan.

“Bicara Indonesia ya kalau pada kerajinan ada batik, ada tenun, ada songket dan lain-lain. Saya meyakini bahwa salah satunya adalah jamu yang memang harus dilestarikan,” katanya.

Mengenai dukungan DPR untuk obat herbal atau obat tradisional seperti jamu, Puan mengatakan ada banyak hal yang dapat dilakukan. Misalnya melalui dukungan regulasi produk.

“Bagaimana kemudian obat tradisional ini kemudian bisa dipercaya dan terpercaya tentu saja melalui BPOM sudah ada izin untuk bisa digunakan dan juga produk lainnya menggunakan herbal bahan bakunya dari Indonesia,” tutup Puan.

Sementara itu, Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, mengaku bangga dan merasa kalau kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani bersama rombongan anggota DPR pusat ini merupakan keberkahan dan kepercayaan.

“Yang pasti saya sangat senang dikunjungi (Ketua DPR RI) dan ini merupakan keberkahan bagi kami. Terpenting adalah kunjungan ini merupakan kepercayaan yang diberikan kepada Sido Muncul,” ujar Irwan Hidayat.

Turut mendampingi Puan Maharani dalam kunjungan ke pabrik Sido Muncul yakni dari Komisi III dan Komisi IX DPR RI, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul yang juga Ketua DPD PDIP Jateng, Bupati Semarang dan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Hery Priyono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini