Muhammad Kharis memberikan materi pada ICP yang diselenggarakan di Aula Prof Ir Joetata Hadihardaja, Gedung V lt 6 USM.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- USM Career and Alumni Center (UCAC) Universitas Semarang menyelenggarakan Intensive Career Preparation (ICP) dan Campus Hiring, 11 Oktober 2023 di Aula Ir Joetata Hadihardaja, Gedung V Lt 6 USM.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

“Saat ini kita sedang menghadapi ancaman tentang Artificial Intellegent (AI) sehingga mengurangi tenaga fisik yang dan beralih ke robot. Oleh karena itu, untuk menghadapi tantang tersebut maka softskill harus ditingkatkan, salah satunya softskill yang terkait industri perhotelan,” kata Junaidi.

Dia mengatakan, industri perhotelan ini sangat menarik, karena hotel sudah tidak lagi hanya menjadi tempat singgah saja, namun sudah berkembang untuk tempat seminar atau workshop.

Ketua UCAC, Iryan Dwi Handayani SPD MPD mengatakan, kegiatan yang diikuti 223 peserta ini adalah hasil kerja sama dengan Hotel Padma Semarang. Tujuan kegiatan ini untuk membekali para mahasiswa tentang kiat-kiat suksesnya berkarier di industri perhotelan, serta memfasilitasi para alumni USM untuk melamar pekerjaan di Hotel Padma Semarang.

“Industri perhotelan saat ini sedang bertumbuh lagi setelah pandemi Covid-19, sehingga industri ini memerlukan banyak karyawan, khususnya di Hotel Padma Semarang,”tambahnya.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan tentang meraih sukses di industri perhotelan dan para alumni dapat diterima bekerja di hotel Padma Semarang,” ujar Iryan.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Training Manager Iwan Setiawan dan Talent Team, Muhammad Kharis.

“Dua narasumber yang dihadirkan ini memiliki sertifikasi yang luar biasa, yakni Iwan Setiawan adalah konsultan hospitality trainer dan motivator Indonesia yang bersertifikasi antara lain certified master trainer dan assessor TAFE Australia, certified BNSP Assessor Rooms Division Indonesia, serta corporate training Manager Archipelago International. Adapun Muhammad Kharis HR officer di Padma Hotel Semarang, serta bersertifikasi BNSP Coordinator of apprenticeship training, BNSP Certified Human Resources Supervisor,” jelasnya.

Kharis mengatakan, agar sukses di industri perhotelan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain mengikuti pelatihan yang sesuai dengan industri perhotelan atau mencoba OJT di hotel agar dapat memahami langsung cara kerja di hotel.

Selain itu, memahami bisnis perhotelan dalam hal manajemen hotel, operasi kamar, restoran dan layanan pelanggan.

“Kemampuan komunikasi juga sangat penting dimiliki, karena di industri perhotelan selalu berinteraksi dengan pelanggan, agar pelanggan loyal, sehingga cenderung kembali ke hotel tersebut, serta dapat merekomendasikan hotel yang pernah disinggahi,”tambahnya.

Muhaimin