Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan Penyuluhan dan Pendampingan ke pelaku UMKM terkait literasi tata kelola keuangan terintegrasi dengan financial digital di Aula Balai Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak pada 7 Oktober 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan Penyuluhan dan Pendampingan ke pelaku UMKM terkait literasi tata kelola keuangan terintegrasi dengan financial digital di Aula Balai Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak pada 7 Oktober 2023.

Kegiatan yang diikuti 20 pelaku UMKM itu didanai oleh Universitas Semarang. Tim PkM USM terdiri atas Drs Aprih Santoso MM, Dr Ardiani Ika S SE MM Akt CA CPA dan Saifudin SE MSi. Tim PkM dibantu dua mahasiswa program studi S1 Akuntansi.

Aprih mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah memberikan wawasan tentang literasi tata kelola keuangan terintegrasi dengan financial digital kepada para pelaku UMK Mranggen, Kabupaten Demak dalam pengelolaan keuangan dengan benar berbasis digital.

Dia berharap, ke depan mereka mampu bertindak secara responsif dan adaptif terhadap pendapatan yang diterima, mampu mencatat serta memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan untuk usaha dengan support penuh dari aplikasi digital

”Kami berharap, dengan bantuan aplikasi financial digital, maka pengelolaan keuangan perlu dicatat dalam buku kas harian sederhana, buku biaya, buku pencatatan barang dan beberapa pembukuan pendukung lainnya, sehingga dengan tertib mencatat pembukuan usaha, maka tata kelola keuangan bisa berjalan dengan rapi dan tertib,” katanya.

Muhaimin