blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (PkM FTIK USM) memberikan Pelatihan Pengembangan Konten Tiktok pada pelaku UMKM di Kampung Jawi, Kecamatan Gunungpati pada 2 Oktober 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (PkM FTIK USM) memberikan Pelatihan Pengembangan Konten Tiktok pada pelaku UMKM di Kampung Jawi, Kecamatan Gunungpati pada 2 Oktober 2023.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Dinar Anggit Wicaksana, S.Si., M.Pd, anggota Febrian Wahyu Christanto, S.Kom., M.Cs., serta Astrid Novita Putri, S.Kom., M.Kom.

Hal itu bertujuan agar bisa menjadi daya tarik pembeli dan meningkatkan penjualan produk dari Kampung Jawi.

Ketua pelaksana, Dinar Anggit Wicaksana, tujuan kegiatan agar bisa menjadi daya tarik pembeli dan meningkatkan penjualan produk dari Kampung Jawi.

Kegiatan diikuti 18 peserta terdiri dari anggota UMKM Kampung Jawi, serta didampingi Ketua Pokdarwis Kampung Jawi, Siswanto.

”Melalui pelatihan ini, peserta diajak untuk melakukan praktik langsung dengan melakukan pembuatan video dengan menggunakan salah satu aplikasi media promosi, yaitu Tiktok,” katanya.

Dia mengatakan, Tiktok merupakan aplikasi sebagai media promosi yang sedang viral di kalangan anak muda dan dapat diakses semua pengguna iOS maupun Android.

Saat kegiatan berlangsung, para peserta sangat antusias mendengarkan pemaparan dari Astrid Novita Putri.

Para peserta pun melakukan praktik secara langsung dengan dibantu oleh anggota PkM USM.

Pelatihan ini juga melibatkan mahasiswa FTIK USM yaitu Liem Angelita Rafika Hanjaya Putri dan Veren Yeriko Dirgantara.

“Pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan dalam memasarkan produk UMKM mereka melalui platform Tiktok,” imbuhnya.

Ketua Pokdarwis Kampung Jawi, Siswanto mengatakan, pihaknya berterima kasih telah diberi pemahaman yang sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM.

Dia berharap, ada pelatihan lanjutan dari Tim PkM USM untuk para pelaku UMKM.

”Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM. Semoga hasil penjualan melalui Tiktok atau platform media sosial yang lain tambah meningkat,” tandasnya.

Muhaimin