blank
Mahasiswa baru pascasarjana USM foto bersama seusai mengikuti Pakem di lantai 3 Gedung Pascasarjana USM Jl Soekarno Hatta, Semarang pada 1 Oktober 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 250 mahasiswa baru Program Pascasarjana Universitas Semarang mengikuti Pengenalan Akademik dan Kegiatan Mahasiswa (Pakem) pada 1 Oktober 2023 di lantai 3 Gedung Pascasarjana USM Jl Soekarno Hatta, Semarang.

Direktur Pascasarjana USM Dr Indarto SE MSi mengatakan, mahasiswa yang diterima kuliah di pascasarjana USM adalah orang-orang pilihan. Sebab, tidak semua yang mendaftar kuliah di USM diterima.

blank
para mahasiswi pascasarjana foto bersama seusai mengikuti Pakem. (Foto:News Pool USM)

”Selamat datang kepada para mahasiswa mahasiswi baru Prodi Magister Manajemen, Magister Hukum dan Magister Psikologi. Saudara Saudari adalah orang yang beruntung bisa kuliah di Pascasarjana USM, karena dari para pendaftar yang masuk, saudaralah yang diterima kuliah di pascasarjana USM,” katanya.

Indarto berharap, para mahasiswa baru berkompetisi secara sehat, rajin kuliah dan disiplin mengikuti proses belajar mengajar S2 di USM. Selama peoses belajar mengajar nanti, mereka akan diampu oleh para profesor dan doktor yang ahli di disiplin ilmunya.

”Prodi Magister Manajemen yang mendaftar 174 orang diterima kuliah di USM 121 orang, Prodi Magister Hukum yang mendaftar 98 orang, yang diterima 68 orang, Prodi Magister Psikologi yang mendaftar 115 orang yang diterima 61 orang,” ungkapnya.

Ketua Prodi Magister Hukum Dr Drs H Kukuh Sudarmanto BA S Sos SH MH MM mengatakan, para mahasiswa berasal dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia, dan dari berbagai disiplin ilmu, sehingga awal kuliah dimulai dengan matrikulasi.

Tujuannya untuk review dan penyamaan persepsi oleh program studi.

”Mengingat mahasiswa berasal dari provinsi di seluruh Indonesia, antara lain dari Kalimantan, Maluku, DKI Jakarta, Sumatera, Sulawesi maka mahasiswa kuliahnya diberi kemudahan, ada kelas Senin-Kamis, kelas Jumat-Sabtu, kelas luring/offline, kelas daring) online, dan juga kelas hybrid system,” jelasnya.

Dia mengatakan, mahasiswa S2 USM adalah calon pemimpin bangsa, manajer/leadher menengah ke atas, maka performance harus dijaga.

”Saat kuliah harus disiplin memakai dasi hem panjang dan bersepatu, ketika kuliah daring, mahasiswa wajib on camera,” ungkapnya.

Pakem Pascasarjana diikuti Kaprodi Magister Manajemen Dr Yuli Budiati SE,MSi, Kaprodi Magister Hukum Dr Drs H Kukuh Sudarmanto ,BA, SSos, SH, MH, MM dan Kaprodi Magister Psikologi, Dr Mulya Virgonita I Winta, SPsi, MPsi, Psikolog beserta para staf, admin dan laboran serta PU.

Setelah pengarahan dari direktur pascasarjana, para mahasiswa baru diberi penjelasan tentang sistem presensi, data dan penggunaan IT oleh Tim IT dari Satuan IT USM. Selanjutnya mahasiswa sesuai prodinya masuk ke kelas yang ditentukan mengikuti pengarahan oleh kaprodinya dengan hybrid system.

Muhaimin