Ilustrasi manggis dan kulitnya. Foto: Reka wied

BUAH manggis (Garcinia mangostana) merupakan buah tropis eksotis dengan rasa sedikit manis dan sedikit asam. Ternyata manggis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari kulit, ranting, dan kulit pohonnya yang dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Bagian buah manggis yang paling terkenal adalah kulit manggisnya. Bahkan, kulit buahnya juga dianggap makanan sehat jika diolah dengan cara direbus.

Manfaat manggis tidak hanya buahnya saja, bahkan kulit manggis juga memiliki banyak manfaat yang tidak boleh diabaikan. Kulit manggis menawarkan banyak manfaat kesehatan karena kaya kandungan antioksidan.

Kulit manggis kaya akan antioksidan. Salah satu unsur terpenting dari kulit manggis adalah profil antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang memiliki kemampuan untuk menetralisasi efek kerusakan dari molekul berbahaya yang disebut redikal bebas dan terkait dengan penyakit kronis.

Kulit manggis mengandung beberapa nutrisi dengan sifat antioksidan, seperti vitamin C dan folat. Selain itu, ia juga menyediakan xanthone, sejenis  senyawa tumbuhan unik yang dikenal  karena sifat antioksidannya yang kuat.

Aktivitas antioksidan xanthone memiliki efek antiinflamasi, antikanker, antipenuaan dini, dan antidiabetes. Dengan cara ini, xanthone dalam manggis banyak  manfaat kesehatan potensial.

Xanthone yang terdapat  pada manggis berperan dalam mengurangi peradangan. Xantho juga memiliki efek antiinflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit imflamasi seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Kulit manggis juga kaya akan serat  yang memberikan banyak manfaat berbeda.

Mengatasi Kanker

Khasiat kulit manggis paling banyak dipercayai oleh pengguna herbal ini. Kulit manggis mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, termasuk senyawa garcimangosxanthone.

Senyawa dalam kulit manggis, termasuk xanthones, selain memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, juga dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker. Xanthones dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di payudara, lambung, dan jaringan paru-paru.

Sebagai Perawatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit dari luar sangatlah penting. Anda dapat menggunakan berbagai produk perawatan kulit yang banyak tersedia di pasaran. Namun, menjaga kesehatan kulit dari dalam juga tak kalah penting,  Nah, ternyata manfaat kulit manggis juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

Manggis merupakan buah yang bermanfaat untuk kesehatan kulit berkat sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakterinya yang kuat. Selain melindungi kulit dan mencegah kerusakan, buah ini juga meningkatkan mikrosirkulasi, meningkatkan vitalitas, dan menjadikan kulit lebih cerah.

Menstruasi merupakan proses pelepasan dinding rahim yang ditandai dengan tidak adanya pembuahan atau kehamilan. Perubahan hormon pada wanita setiap bulannya seringkali menimbulkan gejala yang dialaminya.

Kulit dan akar manggis secara tradisional dipercaya dapat membantu mengatur siklus menstruasi pada wanita. Manfaat manggis juga mengurangi gejala tidak menyenangkan yang sering terjadi menjelang menstruasi. kulit manggis dikonsumsi dengan cara direbus, lho. Ini bisa menjadi alternatif cara yang bisa dilakukan di rumah.

Menurunkan Gula Darah

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah mengontrol kadar gula darah. Manggis memiliki manfaat dalam mencegah dan mengendalikan  diabetes karena dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

Faktanya, kulit manggis hanya megandung sedikit kalori. Hal ini membuat kulit manggis sangat aman bagi penderita diabetes.

Kulit manggis juga mengandung serat yang membantu menjaga kadar  gula darah pada tingkat normal. Proses ini melibatkan peningkatan gula di usus dan mencegahnya diserap ke dalam aliran darah.

Cara Mengolah

Berikut ini cara mengolah kulit manggis agar bisa dikonsumsi:

Bersihkan terlebih dahulu, Sebelum diolah, kamu harus membersihkan kulitnya terlebih dulu dengan mencuci menggunakan air yang bersih.

Potong kulit buah ini menjadi potongan kecil, Setelah dicuci bersih, potong kulit menjadi bagian kecil. Tujuannya agar kulit mudah diolah.

Keringkan potongan kulit manggis, Setelah di potong menjadi kecil, kulit manggis di jemur di bawah sinar matahari agar menjadi kering.

Rebus kulit manggis, Selanjutnya rebus kulit buah selama 15 menit hingga menjadi lunak. Gunakan perbandingan 1:8 ketika merebus, misalnya 200 ml air untuk 25 g.

Saring air rebusan untuk mendapatkan sari kulit buah.

Minum pada saat masih panas, Anda bisa menambahkan madu atau gula untuk mengurangi rasa pahit.

Penambahan gula tidak disarankan pada pengidap kondisi medis tertentu seperti diabetes.  Jika ingin menambahkan gula, kamu bisa memilih gula yang lebih sehat, seperti gula kelapa dan sugar brown.

Dinita Charissa Ludviana -Mg