Tim Unimma berfoto bersama usaha kecil menengah, belum lama ini. Foto: ist

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) yang terdiri dari dosen dan mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada usaha kecil menengah (UKM) Ceriping Ketela Radja milik Mujiyati. Lokasinya di Desa Mudal, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, belum lama ini.

Kegiatan pengabdian masyarakat skim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) itu dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi melalui Hibah Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2023.

Adapun Tim PKM dosen Unimma yang diketuai oleh Dr Uky Yudatama SSi MKom MM, dengan anggota Saifudin ST MEng, Muhdiyanto SE MSi, dan Meidar Hadi Avizenna SKom MEng, melakukan pengembangan peralatan produksi pada UKM Ceriping Ketela konvensional, menjadi mesin perajang otomtis. Pada PKM itu juga dilakukan pembuatan website pemasaran online dengan menerapkan Search Engine Optimization (SEO).

PKM tersebut juga melibatkan dua mahasiswa dari Program Studi Teknik Mesin, yakni Bayu Lutvi Mubarok dan Fajar Rizki Rammadhan.

Adapun rangkaian kegiatan PKM yang dilaksanakan, jelas Dr Uky Yudatama SSi MKom MM, meliputi pengenalan desain mesin perajang otomatis, pemilihan material mekanik dan elektrik, pelatihan proses produksi, dan pembuatan website pemasaran digital.

Kegiatan pengabdian masyarakat itu dimaksudkan agar UKM mitra dapat meningkatkan kapasitas produksinya dan menjaga kualitas hasil produksinya. Dengan mesin perajang singkong otomatis itu, maka waktu produksi akan menjadi lebih hemat dan kualitas hasil produksinya bisa seragam. Karena tidak tergantung dari skill pekerja.

Urgensi dari kegiatan pengabdian masyarakat itu, jelasnya, adalah sebagai upaya solutif atas kendala yang dihadapi mitra dalam hal keterbatasan kemampuan alat perajang konvensional yang selama ini dimiliki oleh mitra. Program pengabdian masyarakat itu selain merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi civitas akademika Unimma, juga memiliki nilai strategis kepada mitra dalam aspek penguatan kapasitas UKM.

“Juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan UKM,” tuturnya hari ini.

Eko Priyono