blank

JEPARA (SUARABARU. ID) – Sekda Jepara Edy Sujatmiko mengingatkan sejumlah penyebab kebakaran mulai membuang puntung rokok sembarangan hingga lupa mematikan kompor gas.

Peringatan ini disampaikan Sekda Jepara Edy Sujatmiko saat silaturahmi di musala Al Islah Desa Keling, Jumat 1 September 2023. Rangkaian kegiatan safari Jumat ini, Sekda mewakili Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta. Kali ini didampingi Kepala Inspektorat Junaidi, Kepala Diskominfo Arif Darmawan, Camat Keling Budi Krisnanto, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jepara, dan para pejabat terkait.

Menurut Edy Sujatmiko, menilik kasus-kasus kebakaran yang telah terjadi di Jepara, ia meminta masyarakat untuk berhati-hati dan waspada.

Sekda berpesan, agar masyarakat tidak membuat sumber api yang dapat menyebabkan kebakaran. Di antaranya tidak membakar sampah, tidak membakar daun-daun kering lahan maupun di pekarangan, serta tidak membuang puntung rokok sembarangan. Banyak peristiwa kebakatan lahan berlatar belakang ketidakhati-hatian.

“Buang puntung rokok harus hati-hati. Jepara resiko tinggi kebakaran hutan. Hampir setiap Minggu ada kasus kebakaran. Seminggu ini saja, ada gudang, brak, dan rumah yang terbakar,” katanya.

Termasuk bagi pengguna kompor di rumah tangga, untuk selalu diingat bahwa saat ditinggal, api harus sudah dimatikan.

Kepada warga RT 2 RW 8, Edy juga membagikan seratus bibit buah kepada warga sekitar musala. Terdiri dari bibit buah durian dan alpukat masing-masing 50 buah. Selain itu juga bantuan perlengkapan ibadah Alquran, sarung, mukena, dan sajadah untuk musala Al Islah. Juga dari Baznas diserahkan 10 paket sembako kepada masyarakat

Hadepe