Proses evakuasi penderita ODGJ di Boralan Garung Wonosobo. Foto : SB/dok Humas Polres

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kapolsek Garung, AKP Nur Wahyu Wibowo, bersama Bhabinkamtibmas Polsek Garung, Aipda Heri Supriyanto, Bhabinsa dan petugas dari Puskesmas Garung, melakukan tindakan heroik dengan berhasil mengevakuasi seorang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kampung Boralan, Garung Wonosobo.

Evakuasi tersebut dilakukan pada Jumat (25/8) siang. Diketahui DOGJ tersebut merupakan warga kampung tersebut yang pernah mendapatkan perawatan dari RSJ namun putus obat sejak 2020 lalu akibat pandemi global Covid-19.

Kondisi lingkungan yang sulit diakses dan keadaan ODGJ yang cenderung tidak kooperatif tidak membuat Aipda Heri Supriyanto dan tim menyerah. Mereka berusaha untuk bisa mengevakuasi penderita ODGJ tersebut.

Dengan penuh kesabaran dan koordinasi yang baik antar instansi, mereka berhasil mengevakuasi ODGJ tersebut dan membawanya ke Puskesmas Garung untuk mendapatkan penanganan medis awal.

“Dari Puskesmas, ODGJ tersebut selanjutnya diarahkan ke RSJ Magelang guna mendapatkan perawatan dan perhatian lebih lanjut sesuai dengan kebutuhannya,” ungkapnya.

Kapolsek Garung, mengapresiasi kerja sama yang erat antar instansi dalam penanganan kejadian tersebut. Tanpa ada kerjasama, penderita ODGJ itu akan sulit diatasi dan dievakuasi.

Dia juga menyampaikan harapannya agar masyarakat lebih peka terhadap kondisi sosial dan kesehatan warga di sekitarnya, terutama mereka yang membutuhkan perhatian khusus seperti ODGJ.

Keberhasilan evakuasi ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antar instansi dan sektor kesehatan dalam menghadapi situasi yang sensitif.

Hal itu, juga mengingatkan semua pihak tentang perlunya pemahaman dan empati terhadap kondisi mental seseorang, serta perlunya dukungan fasilitas kesehatan yang memadai untuk merawat mereka.

Muharno Zarka