SUKOHARJO (SUARABARU.ID): Sampah memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kenyamanan dan kesehatan dilingkungan sekitar kita. Terdapat berbagai macam cara untuk mengelola sampah agar lingkungan menjadi lebih bersih, nyaman dan sehat.

Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM), Universitas Slamet Riyadi kelompok 47 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Drs. Sunarso, MM. Kegiatan KKN PPM ini dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2023 sampai 31 Agustus 2023 yang berada di Desa Kayuapak, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswi UNISRI Zulaema Tiara Rahman dari prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan program kerja Mendaur Ulang Sampah Plastik Menjadi Kerajinan yang berlangsung di SD N 01 KAYUAPAK.

 

Kegiatan ini menargetkan peserta didik Sekolah Dasar (SD) kelas 4 karena untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam pembuatan kerajinan karya seni dari bahan bekas, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu, saya juga memberikan penjelasan secara mendalam terkait dengan jenis-jenis sampah yang bisa didaur ulang maupun yang tidak dapat didaur ulang.
Banyaknya masalah sampah dilingkungan sekitar, saya berfikir untuk membuat kerajinan yang menarik bersama dengan peserta didik kelas 4 agar mereka bisa mengelola sampah. Ya, harapannya peserta didik bisa menerapkan pengelolaan sampah dengan baik dan mereka bisa mengajarkan ke teman atau ke adik mereka
Cara pembuatan kerajinan bunga dari botol bekas sangatlah mudah. Alat dan bahan yang dibutuhkan sangat sederhana yaitu, botol bekas, kawat, cat air, gunting dan cutter.
Peserta didik SD N 01 Kayuapak juga sangat senang saat mempraktekkan kerajinan dari botol bekas.