blank
Bupati Indrata Nur Bayu Aji (kanan) tengah berbincang-bincang dengan SBY dan putranya, yang menghadiri upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-78 di Kabupaten Pacitan, Jatim.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudoyono (SBY), Kamis (17/8), hadir pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-78 Tahun 2023, di Kabupaten Pacitan, Jatim.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, kehadiran SBY sebagai putra terbaik Pacitan itu, merupakan kejadian yang istimewa. Kehadirannya di Pacitan, disertai dengan kedua putranya, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). AHY dan Ibas hadir di Pacitan, masing-masing beserta istri. Disamping itu, juga dihadiri sejumlah tokoh nasional.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Di bawah guyuran gerimis, upacara bendera berlangsung lancar. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yang merupakan pilihan dari putra-putri terbaik di Kabupaten Pacitan, sukses melaksanakan tugasnya, yakni mengibarkan bendera Merah Putih tanpa cela.

”Ada pak SBY, Mas AHY, Mas Ibas, serta banyak tokoh-tokoh nasional yang hadir, ini berkah bagi kita semua masyarakat Pacitan,” ungkap Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Jejak Juang

Menurut Mas Aji, pelaksanaan serangkaian upacara yang mendapat apresiasi dari SBY, semuanya berjalan lancar, tertib dan khidmat, meskipun di bawah guyuran hujan.

Usai upacara peringatan detik-detik proklamasi, Bupati, menyerahkan remisi umum peringatan HUT Ke-78 RI untuk narapidana yang menjalani hukuman di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas B Pacitan. Remisi diberikan kepada 63 orang narapidana, yang penyerahannya dilakukan secara simbolis kepada dua orang yang mewakilinya.

Selanjutnya, Mas Aji didampingi Wakil Bupati Gagarin bersama Forkopimda, menghadiri Tasyakuran Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan pejuang kemerdekaan di halaman wingking (Halking) Pendapa Kabupaten.

Acara ini dirangkai dengan penyerahan buku berjudul ”Jejak Juang Kyai Hamid Dimyati.” Dalam kesempatan itu, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, juga menye bingkisan tali asih kepada para veteran.
Bambang Pur