Mutiara Ayu Puspitasari mendapatkan bonus dari PB Djarum usai menjuarai AJC 2023. Foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – PB Djarum mengucurkan bonus deposito sebesar Rp 45 juta bagi Mutiara Ayu Puspitasari. Atlet muda PB Djarum tersebut sukses mengukir sejarah dengan menjadi juara tunggal puteri Asia Junior Championships 2023 di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Di laga final, atlet usia 17 tahun kelahiran Ngawi, Jawa Timur tersebut meredam perlawanan Kim Min Ji asal Korea Selatan dengan dua gim langsung 21-11 dan 21-17.

Prosesi penyerahan bonus tersebut digelar dalam sebuah seremoni bersamaan dengan pengumuman hasil audisi PB Djarum 2023 di GOR Djarum Jati Kudus, Sabtu (5/8).

Hadir dalam kesempatan tersebut belasan atlet cilik peserta karantina PB Djarum yang sedang menunggu pengumuman.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin keberhasilan Mutiara ini diharapkan bisa membuka keran ptestasi bagi pebulutangkis puteri lain pada kejuaraan bergengsi lainnya.

Apalagi, titel juara tunggal puteri AJC 2023 tersebut yang pertama kalinya sejak 26 tahun terakhir.

“Kami berharap setelah Mutiara akan lahir pebulutangkis muda berprestasi dari PB Djarum ke kancah dunia,”tandas Yoppy.

Menurut Yoppy, Mutiara selama di PB Djarum sudah menyita perhatian. Selain kemampuannya dalam bermain bulutangkis, Mutiara juga memiliki sikap yang terpuji yakni tidak melupakan orang-orang yang berjasa terhadapnya.

“Termasuk kepada jajaran PBSI Ngawi, pelatihnya dulu maupun orang-orang lain yang berperan terhadapnya,”tukasnya.

Ketua Pengkab PBSI Kabupaten Ngawi, Supeno menambahkan, prestasi Mutiara akan menjadi pemicu bagi PBSI Ngawi untuk terus mengembangkan bulutangkis di wilayahnya.

Saat ini, kata Supeno telah muncul delapan klub dengan puluhan atlet yang siap untuk mencetak bibit-bibit atlet berprestasi.

Sementara, Mutiara mengaku tak menyangka mampu mencetak sejarah setelah 26 tahun lamanya. Apalagi saat pertandingan, dia sempat mengalami cedera paha.

“Nggak nyangka bisa juara. Waktu itu main aja nothing to lose,”tandasnya.

Mutiara berharap prestasi yang diraihnya bisa terus berkembang dan menjadi juara di even-even yang lebih besar.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PB Djarum yang telah mendidik saya hingga mencapai juara seperti saat ini,”paparnya.

Dalam kesempatan tersebut Mutiara juga mendapat kejutan dengan hadirnya kedua orang tuanya di acara penyerahan bonus.

Ali Bustomi