Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Iwan Saktiadi, SIK.MH.MSi memberikan penghargaan kepada komunitas  yang menjadi peserta  Lomba Burung Berkicau Tingkat Nasional dalam Rangka memeriahkan Hari Bhayangkara Ke-77 di Kompleks Stadion Manahan Solo, Minggu (16/7). Foto: RestaSka

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Polresta Surakarta bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta dan paguyuban Depok Maju menggelar Lomba Burung Berkicau Tingkat Nasional.

Kegiatan dalam Rangka memeriahkan Hari Bhayangkara Ke-77 dan diikuti ratusan peserta dibuka Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi, SIK, MH, MSi di Kompleks Stadion Manahan Solo, Minggu (16/7/2023).

Hadir dalam acara PJU Polresta Surakarta serta Kapolsek Jajaran  dan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Gatot Susanto, M.Si. mewakili Wali Kota Surakarta.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi, SIK, MH, MSi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang digelar merupakan lomba pertama diadakan Polresta Surakarta di Stadion Manahan.

Adanya lomba burung berkicau, dapat menjalin sinergitas yang baik antara Polri dengan masyarakat serta para pecinta burung kicau. Kegiatan yang berlangsung diharapkan, Polresta ikut berpartisipasi aktif membangkitkan kembali gairah pecinta burung berkicau setelah dua tahun covid tidak ada kegiatan( event).

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol. Iwan Saktiadi, SIK.MH.Msi menggantungkan sangkar peserta  Lomba Burung Berkicau Tingkat Nasional dalam Rangka memeriahkan Hari Bhayangkara Ke-77 di Kompleks Stadion Manahan Solo, Minggu (16/7). Foto: RestaSka

Kegiatan coba dibangkitkan lagi karena multiplier efeknya sangat banyak. Di antaranya banyak UMKM sekitar yang mulai berjualan pakan, para peternak–peternak mulai bangkit dan margin pecinta burung yang terus dinamis harga burung hasil lombanya yang masih bagus.

Harapan kedua adalah cooling system, sebentar lagi berlangsung Pemilu di tahun 2024. Tujuannya agar polarisasi dikecilkan sehingga masyarakat berkumpul, menikmati, saling silaturahmi, saling kenal untuk membangun sebuah harmoni hubungan antara komunitas pecinta burung.

Harapan ketiga, kegiatan lomba akan menjadi agenda tahunan yang ikut menyemarakkan dan berpartisipasi secara aktif menjaga keberlangsungan serta kelestarian satwa yang sama-sama menjadi  klangenannya masyarakat yaitu burung.

“Terima kasih kicau mania dari Yogya, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali bahkan ada yang dari Balikpapan yang sudah hadir, dan turut memeriahkan Hari Bhayangkara,” kata Kapolresta.

Lomba kicau mania sangat baik untuk dijadikan ajang silaturahmi, dan turut melestarikan burung dari kelangkaan atau punah. Kami siapkan pada kelas perlombaan bergengsi jenis burung murai batu memperebutkan piala Kapolresta Surakarta dan juga uang pembinaan.

Sementara itu Alan selaku Ketua panitia menambahkan, jumlah peserta dalam lomba burung kicau Kapolresta Cup tingkat nasional dalam rangka memeriahkan hari Bhayangkara ke 77 mencapai 700 orang.

Jenis burung yang di lombakan pada kesempatan kali ini, adalah burung murai batu, kacer, cucak hijau, anis merah, cendet, kenari std bbs, murai pastol, branjangan camp dan murai borneo,” terangnya.

Bagus Adji