Deklarasi Cak Imin Capres RI dan Gus Yusuf Cagub Jateng dilakukan PKB Wonosobo di tengah Telaga Menjer. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Wonosobo kembali nyatakan dukungannya agar Dua tokoh dari PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) maju sebagai Calon Presiden (Capres) dan M Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) berlaga dalam kontestasi pemilihan Calon Gubernur (Cagub) Jateng di tahun 2024 mendatang.

Uniknya, deklarasi tersebut dilakukan di tengah-tengah kawasan wisata air Telaga Menjer di Desa Maron Garung Wonosobo. Relawan Cak Imin dan Gus Yusuf serta pengurus PKB, naik 3 perahu kecil yang digendeng mengelilingi Telaga Menjer, sembari membawa poster dua tokoh tersebut.

Dua tokoh yang dimaksud adalah Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk maju sebagai Calon Presiden RI dan Ketua DPW PKB Jateng M Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) maju menjadi Calon Gubernur Jawa Tengah pada kontestasi politik tahun 2024 nanti.

“Ini merupakan agenda spontanitas yang kita lakukan untuk mendeklarasikan dukungan kita pada sosok Gus muhaimin dan gus Yusuf maju sebagai pemimpin bangsa,” terang Koordinator Acara, Suwondo Yudhistiro, yang juga Ketua Komisi A DPRD Wonosobo itu.

Lewat slogan berpolitik riang gembira, Suwondo mengajak acara deklarasi untuk mendukung dua tokoh itu bukan di gedung atau balai pertemuan. Justru pesan dukungan itu dilakukan di kawasan Wisata Telaga Menjer yang ada di Kecamatan Garung.

“Iya kita lakukan deklarasi itu di tengah telaga dengan menaiki perahu agar mendapat susana baru dan memberi warna berbeda, tidak kaku,” ujar Wakil Ketua DCP PKB Wonosobo itu.

Pasalnya, yang bergabung dalam deklarasi dua tokoh itu sebagian besar adalah generasi millineal dan ibu-ibu rumah tangga.
“Pemilihan lokasi sekaligus berwisata akan menambah daya tarik tersendiri kita melakukan deklarasi,” katanya.

Tokoh Mumpuni

Kader PKB Wonosobo membentangkan bendera partai di atas perahu di Telaga Menjer. Foto : SB/Muharno Zarka

Adapun tujuan dari pernyataan sikap untuk mendukung Gus Muhaimin tak lain karena pihaknya merasa yakin sosok satu ini mampu memimpin bangsa Indonesia. Terlebih dengan pengalamannya dalam persoalan politik tanah air sudah tidak diragukan lagi.

“Di tengah perjalan bangsa yang kompleks saat ini, memilik pemimpin yang nasionalis-religius saya kira sangat kita butuhkan. Dan itu ada di sosok Gus muhaimin sangat cocok jika mengemban amanah menjadi presiden RI saat ini,” katanya.

Termasuk peran Gus Yusuf di Provinsi Jawa Tengah. Beliau melihat sudah saatnya saat ini ulama muda tampil menjadi orang nomor satu di Jateng. Sebab Gus Yusuf selain masih muda juga dianggap cakap dalam bidang agama dan kebangsaan.

“Mereka adalah orang-orang terbaik, yang sudah selayaknya mereka memimpin negeri ini. Sebagai kader NU dan PKB, Cak Imin dan Gus Yusuf cukup mumpuni jadi pemimpin di pemerintahan,” tandas politisi muda yang saat mahasiswa dikenal sebagai aktifis PMII itu.

Anggota F-PKB DPRD Jateng, Akhmad Fadlun SY menambahkan Cak Imin dan Gus Yusuf merupakan kader terbaik yang dimiliki PKB dan NU. Karena itu, wajar jika Cak Imin selaku Ketum DPP PKB diajukan sebagai Capres dan Cawapres dan Gus Yusuf sebagai Ketua DPW PKB Jateng untuk posisi Calon Gubernur.

“Keduanya merupakan figur publik yang sudah cukup berpengalaman sebagai politisi. Cak Imin dan Gus Yusuf juga merupakan kader tulen NU. Terlebih Cak Imin pernah jadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Wakil Ketua DPR RI,” tegasnya.

Muharno Zarka