Bupati Kudus HM Hartopo melaunching aplikasi layanan Perumda Tirta Muria bersamaan dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung layanan senilai Rp 5 miliar. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Perusahaan Umum Daerah Tirta Muria Kabupaten Kudus bakal membangun Gedung pelayanan yang cukup megah yang akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 5 miliar. Prosesi pembangunan Gedung tersebut ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama yang dilakukan langsung oleh Bupati Kudus HM Hartopo, Senin (26/6).

Hadir dalam prosesi tersebut Direktur Utama Perumda Tirta Muria, Winarno, perwakilan Forkopimda, serta sejumlah pimpinan OPD terkait.

Dalam sambutannya, Hartopo mengatakan pembangunan Gedung baru ini nantinya akan semakin meningkatkan kualitas layanan Perumda Tirta Muria kepada masyarakat. Sebab, layanan dalam Gedung baru nanti akan terintegrasi sehingga bisa memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan.

“Jadi nanti terintegrasi semua di satu Gedung mulai pendaftaran sambungan baru, pembayaran hingga pelayanan keluhan pelanggan,”kata bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga melakukan peluncuran layanan aplikasi berbasis android ‘Tirta Muria Mobile’ . Aplikasi ini merupakan ikhtiar guna memudahkan pelanggan dalam mengakses informasi dan layanan dari Perumda Tirta muria.

“Aplikasi ini menjadi bukti Perumda terus berupaya memperbaiki pelayanan. Sangat kami apresiasi,” ucapnya.

Bupati meminta Perumda berupaya mensosialisasikan aplikasi agar segera diketahui pelanggan. Kalau perlu, sosialisasi dilakukan melalui kepala desa. Terutama bagi desa yang sudah memiliki sambungan jaringan air dari Perumda.

“Setelah diluncurkan, Perumda harus segera menginformasikan kepada pelanggan. Biar semua pelanggan langsung bisa mengakses,” urainya.

Lebih lanjut, Perumda Tirta Muria diminta tak hanya fokus pada inovasi, tapi juga harmonisasi internal. Orang nomor satu di Kudus itu meminta agar seluruh pegawai kompak dan disiplin menjalankan tugas. Sehingga tidak ada lagi percikan masalah yang sampai ke ranah hukum.

“Saya minta agar Perumda Tirta Muria tetap menjaga kondusifitas dan tetap kompak,” pesannya.

Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Tirta Muria Kudus Winarno menjelaskan menu yang ada di aplikasi ‘Tirta Muria Mobile’. Di antaranya menu pengaduan soal kebocoran pipa jaringan air, info tagihan, saran, promo, pembayaran, kepuasan pelanggan sampai dengan pendaftaran pelanggan baru.

“Menu di aplikasi kami cukup lengkap. Sehingga pelanggan tak perlu mengurus semuanya di kantor,” terangnya.

Memiliki 54 ribu lebih pelanggan, Winarno berupaya meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Termasuk pembangunan gedung pelayanan yang menelan biaya sekitar 5 miliar rupiah.

“Pembangunan gedung adalah upaya kami meningkatkan representasi dan pelayanan kepada konsumen,” tuturnya.

Ali Bustomi