Para santri putra dan putri Pondok Pesantren Roudhotul Uqul Desa Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang mengikuti pelatihan ekonomi kreatif yang digelar sukarelawan SDG Jateng. Foto: Dok/SDG

BATANG (SUARABARU.ID) – Para santri putra dan putri Pondok Pesantren Roudhotul Uqul Desa Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang Jawa Tengah mengikuti pelatihan ekonomi kreatif yang digelar sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG).

Pada kegiatan yang berlangsung Minggu pagi (18/6/2023) itu, para santri dan kiai turut mendoakan Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024 sebagai salah satu bentuk dukungannya.

“Tanggapan kami selaku pemimpin pondok sangat positif. Mudah-mudahan (Ganjar) menjadi orang nomor satu di Indonesia,” kata Kiai M Syafi’ul Umam selaku Pengasuh Pondok Pesantren Roudhotul Uqul.

Dalam kegiatan sendiri berlangsung dalam suasana khidmat sejak pembukaan yang diisi dengan pembacaan ayat suci Alqur’an hingga doa penutup bersama para santri yang dipimpin Kiai Syafi’ul Umam.

Kiai Umam berpesan para santri memanfaatkan pelatihan kali ini sebaik mungkin agar mereka bisa membangun bisnis setelah lulus menjalani pendidikan di pesantren.

Menurutnya, inisiatif dari para sukarelawan SDG Jawa Tengah selama ini dinilai sejalan dengan visi misi Ganjar yang berkomitmen menanamkan jiwa kewirausahaan kepada generasi muda.

“Kami percaya siapa itu Pak Ganjar. Karena, Pak Ganjar adalah salah satu Gubernur Jawa Tengah yang luar biasa. Mudah-mudahan nanti setelah terpilih menjadi Presiden bisa lebih memperhatikan pondok pesantren,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah SDG Jawa Tengah, Mukti Abdul Jabir menjelaskan materi pelatihan ekonomi kreatif bagi para santri kali ini difokuskan dalam pembuatan keripik singkong.

Menurut Mukti, keripik singkong dinilai sebagai produk kuliner atau jajanan yang banyak digemari masyarakat dari semua kalangan, karena rasanya yang enak dan murah. Sehingga, produk tersebut akan mudah dijual.

“Kegiatan kali ini adalah doa bersama dan pelatihan pembuatan keripik yang dilakukan oleh santri Pondok Pesantren Roudhotul Uqul di Kabupaten Batang,” kata Mukti.

Pada kesempatan itu para sukarelawan Ganjar juga memberikan bantuan sarana peralatan untuk memproduksi keripik singkong, agar para santri dapat langsung mempraktikkan materi yang disampaikan dalam pelatihan.

“Ini merupakan program dari SDG untuk melatih kreativitas santri dalam mengembangkan ekonomi kreatif di pondok pesantren,” ujar Mukti berharap, agar para santri berkontribusi meningkatkan perekonomian.

Dalam kegiatan tersebut  para santri terlihat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Terutama saat sesi pelatihan mulai proses pemotongan bahan baku, penggorengan, pemberian bumbu hingga pengemasan keripik yang sudah siap santap.

Antusiasme para santri dan kiai pada setiap kegiatan SDG Jawa Tengah juga dikarenakan sosok Ganjar yang memang dikenal luas oleh masyarakat sebagai Gubernur Jawa Tengah yang kini sekaligus Calon Presiden 2024.

“Kami menilai Pak Ganjar sudah familier di kalangan santri khususnya di Jawa Tengah, dan program-program Pak Ganjar juga selalu dekat dengan santri,” tandas Mukti optimistis.

Ning S