BLORA (SUARABARU.ID) — PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Blora gerak cepat menangani gangguan kelistrikan akibat jaringan dan kabel terbakar (Kabel Kobong) di Jl. Mr. Iskandar Kota Blora, Jawa Tengah. Berawal menurut laporan warga kelurahan Mlangsen MasJuki via komunikasi WhatsApp.
“PLN langsung berusaha pulihkan kondisi kelistrikan karena pelanggan pertokoan di jalan Mr. Iskandar sementara padam, pukul 19.15 WIB.,” kata Setiyo Karminto, Manajer PLN ULP Blora, kepada media ini, usai tangani gangguan tersebut. Minggu, (4/6/2023) pukul 19.15 WIB.
Setiyo Karminto, mengatakan, setelah dilakukan penanganan oleh petugas gangguan, bahwa ada Lost Contact di konektor output trafo menuju kabel distribusi ke pelanggan, diduga akibat beban tinggi, kemungkinan ada tambahan penggunaan listrik di pesta pasar malam pada lapangan eks-pasar induk Blora.
“Petugas gangguan PLN, sudah langsung mengganti spare part (konektor) yang baru, semoga aman dan sudah nyala kembali, pukul 20.15 WIB.,” kata Manajer PLN ULP Blora.
PT PLN (Persero) menjadi salah satu yang memiliki peran vital untuk mengamankan serta melakukan pemulihan kondisi kelistrikan saat terjadi gangguan hingga tiba – tiba padam, imbuh Setyo Karminto.
“Kami langsung instruksi kepada seluruh petugas jaga di PLN Blora, untuk mengantisipasi dan menangani gangguan secepat, tepat dan tetap memperhatikan faktor keselamatan,” ujar Setyo Karminto.
Sementara itu, pelapor gangguan yakni warga kelurahan Mlangsen, MasJuki, mengapresiasi gerak cepat PLN Blora, lapor gangguan langsung ditangani.
“Kami ucapkan terima kasih, karena sudah menjadi tugasnya, petugas PLN Blora langsung dilokasi gangguan, dan 1 jam sudah normal dan listriknya nyala kembali,” ujar MasJuki.
Untuk itulah, PLN Blora memohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan akibat terhentinya pasokan tenaga listrik dan terus berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik demi pelayanan terbaik untuk masyarakat.
“PLN memberikan pelayanan penuh kepada seluruh pelanggan, kami terus mempercepat proses pemulihan dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan,” tandas Setiyo Karminto.
Untuk kemudahan layanan kapan dan di mana saja, masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore dan App Store, melalui gangguan atau via call center 024123.
Dengan informasi cepat dari masyarakat terkait padam listrik maka akan membantu mempercepat proses penormalan oleh petugas PLN.
Kudnadi Saputro