blank
Suasana di stasiun wilayah Daop 4 Semarang. Foto: Dok/KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang mencatat jumlah pelanggan yang naik mengunakan moda transportasi KA dari H+1 hingga H+4 atau Senin (24/4)-Kamis (27/4) masih tinggi.

Pada periode tersebut terdapat 105.612 pelanggan atau rata-rata 26.403 pelanggan setiap harinya.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko mengatakan, jumlah tersebut meningkat 10 persen jika dibanding periode yang sama pada angkutan lebaran tahun 2022 yang berjumlah 95.904 pelanggan atau rata-rata 23.976 pelanggan per hari.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan layanan transportasi kereta api pada masa angkutan lebaran tahun 2023 ini. KAI akan terus meningkatkan pelayanan serta mengawal agar seluruh perjalanan KA di masa lebaran ini dapat berjalan aman dan berkesan,” kata Ixfan, Kamis (27/4/2023).

Bagi masyarakat yang belum memperoleh tiket KA pada arus balik lebaran, untuk keberangkatan KA dari Jumat (28/4) hingga Kamis (3/5), masih bisa membeli tiket kereta api, karena tiket masih tersedia cukup banyak.

KAI mencatat jumlah tiket kereta api yang terjual pada periode 28 April hingga 3 Mei 2023 masih terjual sebanyak 57.250 tempat duduk atau masih 58 persen dari kapasitas yang Daop 4 sediakan, yaitu sebanyak 99.138 tempat duduk.

“Masyarakat dapat membeli tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, website KAI, serta seluruh channel penjualan lainnya,” ujarnya.

KAI Daop 4 Semarang juga mengimbau agar para pelanggan dapat memeriksa kembali tiket yang dimiliki, sesuai tanggal dan kereta api. Pastikan untuk datang lebih awal, agar tidak tertinggal keberangkatan KA nya.

“Bagi para pelanggan yang berada di stasiun agar memperhatikan garis pengaman berwarna kuning yang berada pada peron stasiun. Garis tersebut merupakan pembatas dari jarak aman kereta api. Sangat berbahaya bagi pelanggan, terlebih jika ada kereta api yang bergerak atau melintas,” kata Ixfan.

Para pelanggan juga diminta untuk memperhatikan tanda pengaman kebersihan di stasiun, dimana jika ada tanda pengaman kebersihan artinya area tersebut sedang dilakukan pemeliharaan atau perawatan kebersihan.

“Kami imbau, bagi para pelanggan yang melintasi jalur kereta di stasiun melalui passenger crossing, untuk melihat dan tengok kanan kiri, antisipasi jika ada pergerakan atau langsiran kereta api,” pungkas Ixfan.

Ning S