Panitia Langgeng Araya Internal Cup 2023 menggelar jumpa pers, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Di Langgeng Araya Stable, Mungkid, Kabupaten Magelang, akan digelar lomba berkuda, 18-19 Maret mendatang. Dua kelas yang akan dipertandingkan adalah Dressage (keserasian kuda dan penunggang) serta Show Jumping (melewati rintangan).

Panitia kegiatan, Dias Veronica, hari ini Rabu (1/3/23) menuturkan,
pesertanya sekitar 50 orang, dari lima stable di Jateng dan DIY. Adapun kudanya sebanyak 30 ekor. Satu klub, kudanya bisa bergantian.

Dijelaskan, kelas pesertanya ada tiga. Yakni Children = U-14,
U-16 dan Open. Hadiahnya berupa uang pembinaan, trofi, sertifikat, rosette. Dalam even tersebut
masyarakat bisa menonton secara gratis.

“Langgeng Araya Stable yang beralamat di Mendut, Mungkid, Kabupaten Magelang,
memilki fasilitas stables, riding school, dan fun riding yang dibuka untuk umum. Tempat tersebut
buka setiap hari Selasa – Minggu dari pukul 09.00 – 17.00.

Pemilik lahan, Deddy Irianto, dalam jumpa pers hari ini mengatakan, dia memfasilitasi kalau ada warga yang ingin berkuda. Tujuannya agar warga Magelang tidak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta dan daerah lainnya. “Kuda berhubungan dengan sejarah transportasi. Dulu orang pergi naik kuda, sekarang bermobil,” katanya.

Melaui Langgeng Araya Sutle itu dia ingin mengenalkan kalau di dekat Candi Borobudur ada tempat berkuda. “Di sini bisa jadi tempat untuk latihan berkuda, juga bisa berwisata dengan kuda,” imbuhnya.

Diterangkan juga di lokasi itu terdapat puunee cafe, fasilitas untuk rafting, camping , paintball dan dilengkapi pendapa untuk wedding.

Eko Priyono