Tri Prastawaji (51), wara Dukuh Jemajar, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Karanganyar, Kebumen, menerima penghargaan dari Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono, Senin 9/1.(Foto:SB/Sie Humas Polres Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Dianggap berjasa terhadap keselamatan berlalu-lintas, warga Dukuh Jemajar, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Karanganyar, Kebumen, memperoleh penghargaan dari Satlantas Polres Kebumen.

Penghargaan diberikan pada Apel pagi yang dilaksanakan Sat Lantas Polres Kebumen Seni (9/1).

Apel pagi di halaman Satlantas itu pun cukup berbeda. Ada salah satu warga ikut berbaris pada barisan apel yang dipimpin Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono.

Warga itu diketahui bernama Tri Prastawaji (51), asal Dukuh Jemajar, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Karanganyar, Kebumen. Pria tersebut diundang secara langsung ke Kantir Sat Lantas Polres pada apel pagi, Senin 9 Januari 2023.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha mengatakan, diundangnya Tri Prastawaji untuk menerima penghargaan dari Polres Kebumen karena menjadi pelopor keselamatan berlalu-lintas.

Sat Lantas Polres Kebumen mengapresiasi pemasangan kaca cembung di Dukuh Jemajar, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Karanganyar.(Foto:SB/Sie Humas Polres Kebumen)

Penghargaan juga diberikan di hadapan personel apel Sat Lantas, bersamaan dengan personel Sat Lantas lainnya yang memiliki kinerja terbaik.

“Warga Dukuh Jemajar Kelurahan Jatiluhur Karanganyar yang kita undang di Sat Lantas, karena menjadi pelopor keselamatan berlalu-lintas. Kita undang, kita berikan reward kepada warga tersebut,”jelas Aiptu Catur.

Terobosan untuk Menekan Angka Kecelakaan

Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono menambahkan, reward layak diberikan kepada Tri Prastawaji karena terobosan kreatifnya memasang kaca cembung di titik rawan kecelakaan di kampungnya.

“Beliau berprofesi sebagai ketua RT. Mengetahui di daerahnya ada titik rawan kecelakaan, lalu beliau berinisiasi memasang kaca cembung yang dapat membantu pandangan pengguna jalan sehingga dapat menekan angka kecelakaan,”jelas AKP Tejo Suwono.

Total ada dua kaca cembung yang dipasang di jalan Dukuh Jemajar, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Karanganyar. Kabar ini pun sampai ke telinga Polres Kebumen sehingga Tri Prastawaji diundang untuk menerima penghargaan dari Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasat Lantas.

AKP Tejo Suwono menyatakan, penghargaan juga akan diberikan kepada warga yang bisa bersinergi dengan Polres Kebumen dalam hal menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu-lintas (Kamseltibcarlantas).

Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi Polres Kebumen. Sebab Kamseltibcarlantas adalah tanggung jawab bersama, serta kecelakaan lalu-lintas adalah masalah bersama yang harus dipecahkan secara kompak antara kepolisian dengan masyarakat.

Komper Wardopo