Tampak Petinggi Tegalsambi dan Babinkamtibmas sedang meninjau lokasi kerusakan.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Cuaca buruk berupa hujan disertai angin kencang yang sedang melanda wilayah di Kabupaten Jepara mengakibatkan kerusakan pada warung yang berada di sekitar Pantai Tegalsambi.

Beberapa warung dilaporkan ambruk dan diantaranya mengalami kerusakan berat. Tidak hanya itu, sarana dan prasarana seperti gazebo yang berada di tepi pantai juga mengalami kerusakan.

Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Salah seorang pemilik warung di pantai, bernama Devi mengatakan, gelombang tinggi disertai angin kencang yang mengakibatkan kerusakan ini terjadi di malam hari.

“Akibat terjangan gelombang tinggi mengakibatkan 9 gazebo dan 25 warung pedagang porak poranda,” ungkap Devi.

Salah satu warung yang mengalami kerusakan.

Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta. Dengan kerusakan meliputi sembilan buah gazebo senilai 200 juta, baik rusak berat, sedang maupun ringan. Sementara 25 warung semi permanen milik masyarakat yang terdampak dengan kerugian di kisaran 5-10 juta.

Lebih jauh ia mengatakan, dampak dari ambruknya sejumlah gazebo dan warung, serta tingginya gelombang laut di kawasan objek wisata Pantai Tegalsambi saat ini menyebabkan jumlah pengunjung menurun drastis.

Berkaitan dengan cuaca ekstrem dan gelombang tinggi, Petinggi Desa Tegalsambi, Babinsa, Babinkamtibmas, dan juga perangkat desa berkeliling ke objek wisata pantai memberikan himbauan kepada wisatawan untuk tidak mandi atau berenang di laut karena membahayakan keselamatan.

ua/fitra