Baksos donor darah massal dilakukan oleh Orsos Bang Japar di Angkringan Griyo Sokma Jati, Pondok Kelurahan  Bulakrejo, Sukoharjo.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Organisasi Sosial (Orsos) Bang Japar Sukoharjo, mengadakan bakti sosial (Baksos) donor darah massal dan anjangsana menyantuni orang sakit. Donor darah dilaksanakan di Angkringan Griyo Sokma Jati, Pondok Kelurahan Bulakrejo, Sukoharjo.

Baksos donor darah dilakukan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sukoharjo, dalam upaya membantu pengadaan stok darah. Yang stok tersebut, sewaktu-waktu dapat dibantukan kepada pasien yang memerlukan tambahan darah.

Yang hadir mendaftar untuk menjadi calon pendonor sebanyak 60 orang. Hasilnya sebanyak 35 kantong darah, karena sebagian peserta tidak lolos saat menjalani pemeriksaan kesehatan. Karena tensi darahnya tinggi, HB rendah dan juga oleh sebab ada yang umurnya sudah tua.

Menurut Ketua Orsos Bang Japar, Narbito, donor darah ini telah diagendakan setiap tiga bulan sekali. Donor darah yang dilakukan Sabtu (12/11), merupakan yang ketujuhkalinya dilakukan.

Beri Santunan

Selain donor darah, juga dilaksanakan anjangsana dengan memberikan santunan kepada Miyardi, warga Tempuran, Kelurahan Bulakan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.

Yang bersangkutan menderita sakit tumor dan berdampak tangan kanannya diamputasi serta telah menjalar sampai kaki kanan. Sehari-harinya, dia hidup bersama istri, dua anak dan satu keponakan.

Tokoh masyarakat Sukoharjo, Begug SW, menyatakan, Baksos yang dilakukan Orsos Bang Japar ini, menjadi wujud nyata dalam ikut memberikan kontribusi membantu pemerintah di bidang kemanusiaan, utamanya dalam penyediaan stok darah di PMI. Juga menjadi bentuk kepedulian untuk meringankan beban warga yang mendapatkan musibah.

Di musim kemarau lalu, Orsos Bang Japar juga peduli memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat di Watu Lumbung, Kecamatan Tawangsari dan Weru Kabupaten Sukoharjo.

Bambang Pur