blank
Ilustrasi madu. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Musim hujan yang tak menentu membuat banyak orang cenderung mengalami sakit batuk dan juga flu. Sebelum mengonsumsi obat, ada beberapa bahan alami yang cepat redakan batuk dan bisa dicoba di rumah lo.

Dilansir dari Suara.com, tidak hanya membuat sakit tenggorokan, batuk juga mengakibatkan rasa tidak nyaman ketika makan atau bahkan kehilangan selera. Selain harus menghindari makan gorengan, beberapa bahan alami di rumah diklaim bisa redakan batuk jika dikonsumsi secara rutin.

Mulai dari nanas, hingga jahe disebut mampu menjadi obat batuk alami di kala darurat.

Baca Juga: Jadi Makanan Pengganti Nasi, Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kentang

Untuk daftar dan penjelasan lebih lengkapnya, yuk simak daftar obat batuk alami untuk redakan sakit tenggorokan yang telah dirangkum dari laman Hops.id Jaringan Suara.com berikut ini.

1. Jahe

Tanaman rimpang yang bisa dijadikan sebagai obat batuk lainnya adalah jahe. Rempah yang satu ini juga mengandung anti inflamasi yang sangat bagus untuk mengendurkan selaput di saluran udara.

Untuk memanfaatkan tanaman ini, kamu bisa merebusnya dengan beberapa gelas air hingga mendidih. Minum teh jahe selagi hangat sampai habis. Obat batuk alami ini juga bisa mengatasi sakit tenggorokan dan mual.

2. Kumur air garam

Air garam rupanya memiliki manfaat untuk mengobati batuk. Sebab, larutan garam mampu menarik cairan yang terdapat di dalam tenggorokan, yang biasanya terdapat virus dan bakteri penyebab batuk.

Caranya, campurkan garam sebanyak seperempat atau setengah sendok teh ke dalam air hangat. Gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur selama beberapa detik, lalu keluarkan.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukanlah cara tersebut secara rutin. Namun, jangan gunakan larutan garam ini kepada anak usia di bawah 6 tahun.

3. Nanas

Mengobati batuk secara alami juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi buah nanas. Sebuah penelitian membuktikan bahwa buah ini mampu mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan sehingga bisa keluar dengan mudah.

Kamu bisa konsumsi secara langsung beberapa potong nanas. Atau kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus segar, namun jangan ditambahkan dengan pemanis lainnya.

4. Madu

Siapa yang tidak tahu akan manfaat madu? Sejak dahulu kala, madu digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya adalah batuk.

Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa madu dapat mengurangi frekuensi batuk, terutama di malam hari.

Caranya, campurkan beberapa sendok madu ke dalam air hangat. Minum sehari dua kali. Akan tetapi, obat batuk ini hanya diperuntukkan bagi anak di awat satu tahun.

Claudia