Rapat Koordinasi pengurus dan anggota Koperasi Perak dalam menyamakan persepsi tentang kurikulum materi yang akan disampaikan dalam pelatihan Bintek yang diselenggarakan bekerjasama dengan Dinkop Kota Salatiga di Salatiga. Foto : Dok Absa

UNGARAN (SUARABARU.ID) Sesuai visi dan misi dalam pengembangan koperasi, Koperasi Pemandu Ekonomi Rakyat (Perak) yang merupakan koperasi khusus pemberian pendampingan dan pelatihan perkoperasian, bekerjasama dengan Dinas Koperasi (Dinkop) Kota Salatiga mengadakan Bimbingan Teknis (Bintek) perkoperasian, dengan materi Manajemen Resiko Koperasi.

Kegiatan yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 19-20 Juli 2022 mendatang tersebut, akan diikuti kurang lebih sebanyak 40 peserta dari perwakilan koperasi yang ada di Kota Salatiga.

Menurut Setiawan Pandu, Ketua Koperasi Perak, tujuan diadakannya Bintek tersebut, diharapkan peserta dapat memahami, menganalisis kemudian mencegah dan dapat menemukan solusi terhadap resiko yang timbul dalam menjalankan usaha koperasi.

“Jadi pelatihan tersebut nantinya, diharapkan peserta pelatihan mampu menyusun dan melakukan stategi resiko serta menetapkan solusi terhadap resiko yang timbul dalam menjalankan usaha koperasi,” terangnya kepada SUARABARU.ID di Ungaran, Jum’at (15/7/2022).

Materi Manajemen Resiko Koperasi yang akan disampaikan dalam pelatihan Bintek tersebut, lanjutnya, sebelumnya telah digodok atau diolah dalam rapat koordinasi pengurus dan anggota pada Rabu (6/7/2022) lalu, agar dalam penyampaiannya memperoleh hasil yang maksimal.

“Materi Manajemen Resiko Koperasi yang akan kami sampaikan besok, yaitu tentang pengertian resiko dalam usaha Koperasi, analisis resiko, mitigasi/pencegahan resiko dan strategi penanganan resiko dalam usaha koperasi,” papar Pandu, sapaan akrabnya.

Semua berharap, imbuhnya, dalam pelaksanaan Bintek nantinya, dapat berjalan sukses dan lancar, sehingga dapat mewujudkan sinergitas berkelanjutan dalam hal pendampingan dan pelatihan perkoperasian ke depan. Baik dengan Dinkop Salatiga maupun dengan erjan koperasi.

Absa