disporapar Jateng
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Noegroho Rachmadi. Foto: Yon

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)- Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah mendorong para pelaku wisata di Jawa Tengah  melakukan vaksinasi booster ( penguat).

Hal itu sangat diperlukan, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para wisatawan di masa libur lebaran tahun ini.

“Kami  juga telah menyampaikan kepada seluruh anggota PHRI, restoran, dan destinasi yang ada di Jateng, agar karyawannya sudah divaksin booster. Itu dilakukan,  untuk  memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan,” Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Noegroho Rachmadi di Magelang, Sabtu ( 16/4/2022) sore.

Sinoeng mengatakan, pihaknya  juga  mengimbau di tempat-tempat wisata yang ada, untuk  menyelenggarakan vaksinasi penguat di lokasi masing-maisng.

Sehingga,  bagi wisatawan yang belum melakukan vaksinasi ketiga tersebut bisa melakukannya di objek wisata yang dituju.

Selain itu,  untuk mengantisipasi kemacetan dan mencegah adanya kerumunan di objek-objek wisata di masa libur lebaran ini, pihaknya telah  berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait.

Yakni, mengenai keamanan dan juga yang tidak kalah pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Kalau boleh mudik berarti kemungkinan wisata bisa bergulir kembali mendekati semula, namun demikian tentu akan ada beberapa kiat yang tetap harus diwaspadai, yakni protokol kesehatan,” katanya.

Sinoeng menegaskan, pada liburan lebaran tahun ini Dsporapar Provinsi Jawa Tengah tidak memasang target kunjungan wisatawan, namun tetap mementingkan kenyamanan wisatawan yang berkunjung di objek-objek wisata yang ada di Jawa Tengah ini.

” Kami tidak memasang target angka kunjungan wisatawan di liburan lebaran. Melainkan, yang terpenting wisatawan nyaman kemudian tingkat keterjangkitan epidemologis yang ada di wilayah tidak naik terlalu signifikan,” katanya.

Hampir 100 Persen

Terpisah, Ketua Forum Daya Tarik Wisata (DTW) Kabupaten Magelang , Edward Alfian mengatakan,  pihaknya mendorong upaya dari Dinas Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah agar pelaku wisata melakukan vaksin penguat.

“Kami mendorong upaya dari pemerintah baik pemerintah daerah maupun pusat yang berharap seluruh pelaku wisata melakukan vaksin penguat. Itu dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi para calon wisatawan maupun pelaku wisata,” kata Alfian.

Alfian menjelaskan, hingga saat ini  hampir seluruh pelaku wisata di Kabupaten Magelang telah melakukan vaksinasi dosis ketiga. Meskipun, ada sejumlah pelaku wisata yang  belum.

Menurutnya, sejumlah  pelaku wisata di Kabupaten Magelang yang  belum melakukan vaksinasi penguat, karena tertunda pelaksanaannya.

Bagi  pelaku wisata di Kabupaten Magelang  yang belum vaksinasi dosis ketiga, pihaknya juga terusn mendorong untuk segera vaksinasi penguat di puskesmas maupun lokasi –lokasi terdekat. Agar selama libur lebaran tahun ini merasa aman dan nyaman serta untuk kesehatan semuanya.

“Jika para pelaku wisatawan dan wisatawan sudah vaksin booster, kita merasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Selain itu juga untuk memastikan kepada calon wisatawan yang akan berlibur di Kabupaten Magelang, hampir 100 persen para pelaku wisata di Kabupaten Magelang sudah tervaksin booster.  Yon