Junianto (Komisaris PSIS). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sukses mendaratkan Taisei Marukawa dan Carlos Fortes, kali ini Manajemen Tim Laskar Mahesa Jenar tengah mencari sosok General Manager (GM), untuk bidang bisnis dan marketing.

Menurut Komisaris PSIS, Junianto, seorang GM bisnis dan marketing sangat dibutuhkan, di tengah tantangan menghadapi sport industry.

”Dalam dunia sepak bola modern seperti sekarang ini, suksesnya prestasi sebuah tim memang diperlukan GM yang mampu mensinergikan antara manajemen, coach, pemain dan penunjang sebuah tim,” kata dia dalam keterangannya di Semarang, Jumat (8/4/2022).

BACA JUGA: RMP Sosrokartono Sahabat dan Guru Spiritual Presiden Soekarno

Diungkapkan Junianto, sudah banyak klub yang berkompetisi di Liga Indonesia. Namun ada satu hal kekurangannya, yakni manajerial bisnis dan marketing, yang fungsinya mengoptimalkan sumber pendapatan sebuah tim.

”Ini yang sangat kita butuhkan, apalagi menuju era sepak bola modern yang ditopang dengan bisnis, tanpa adanya subsidi dari owner atau pemilik,” ujar Junianto.

Owner Wahyu Agung Grup ini juga menjelaskan, PSIS sebagai klub profesional harus profit nantinya. Apalagi klub kebanggaan warga Semarang yang didukung dua kelompok besar suporter Panser Biru dan Snex ini, tengah merintis untuk melantai di bursa saham, atau dikenal dengan istilah Initial Public Offering (IPO).

BACA JUGA: Dua Kasus Narkoba Diungkap Ditresnarkoba Polda Jateng saat Ramadhan

”PSIS harus profit, dan juga harus bisa berkreasi menciptakan sumber pendapatan. Mulai dari sponsorship, ticketing, hak siar, merchandise dan lainnya, secara maksimal,” lanjut Junianto.

Pihaknya juga menginginkan mengubah pola pemikiran lama dalam mengelola klub, agar menjadi lebih baik lagi. Dan hal itu perlu SDM ulet, cinta bola, jujur, punya naluri bisnis dan pantang menyerah.

Junianto juga menerangkan, di perusahaan yang dia pimpin selama ini, sudah memiliki sosok pengelola manajerial. Baik untuk bisnis maupun pengembangan marketing, sehingga usahanya seperti Charlie Hospital, Baja Indoraya, perhotelan, perkebunan sawit, dan beberapa usaha lainnya, terus berkembang hingga saat ini.

BACA JUGA: Dua Kasus Narkoba Diungkap Ditresnarkoba Polda Jateng saat Ramadhan

Nantinya Junianto sendiri dan CEO PSIS, Yoyok Sukawi yang akan melaksanakan fit and proper test, untuk posisi GM Bisnis dan Marketing PSIS.

Syarat-syarat untuk posisi GM Bisnis dan Marketing PSIS, serta cara pendaftarannya, sudah ada di akun media sosial PSIS Official, melalui laman Instagram @psisfcofficial.

Riyan