KENDAL(SUARABARU.ID)-Kodim 0715/Kendal menggelar lomba mural di Desa Cepiring Timur, Kecamatan Cepiring, Sabtu(26/03/2022).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dandim 0715/Kendal letkol Inf Jenry Polii, dan dihadiri anggota Kodim 0715/Kendal, panita lomba, dan para peserta yang sudah terdaftar, serta perwakilan dari PT. Industri Gula Nusantara(IGN) Cepiring.

Dandim 0715/Kendal letkol Inf Jenry Polii, mengatakan bahwa, sebagai generasi penerus harus menghormati jasa para pahlawannya yang memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia ini.

“Lomba mural ini hanya menggambarkan simbol- simbol yang kita abadikan dalam seni mural, yang maknanya, bahwa dalam menjalani hidup dan bekerja harus berpedoman Pancasila dan UUD 1945,” katanya.

Dandim 0715/Kendal berpesan, kepada para peserta dan dewan juri yang terlibat dalam event ini, untuk bisa menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran.

“Namanya perlombaan, pasti ada yang menang dan kalah. Di sini bukan untuk mancari siapa yang paling hebat, tetapi bersama- sama untuk memaknai Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan negara,” pesan letkol Inf Jenry Polii kepada dewan juri dan peserta.

Danramil 05/Cepiring Kapten Inf Siswanto, menambahkan, bahwa lomba yang diselenggarakan ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan pencanangan Kampung Pancasila di Desa Cepiring Timur yang akan diresmikan oleh Pangdam IV/Diponegoro pada 1 April 2022 mendatang.

“Juara l akan mendapat hadiah uang senilai Rp 3 juta, juara ll Rp 2 juta dan juara lll Rp1 juta, serta mendapat piagam penghargaan dari Dandim 0715/Kendal,”ucapnya.

Sementara itu, panitia sekaligus juri lomba, Dante, mengatakan bahwa masing- masing peserta mendapatkan satu space dan alat lukis dari panitia.

“Total ada 25 peserta yang mengikuti kegiatan ini, masing- masing space untuk dua gambar dengan tema Pancasila,”ujarnya.

Salah satu peserta lomba, Matnur, mengatakan, bahwa dia sengaja datang dari Kecamatan Sukorejo setelah mendapatkan informasi dari temannya yang juga mengikuti lomba tersebut.

“Saya hanya coba- coba saja, karena baru pertama kali mengikuti lomba mural. Kalau dasar saya seni lukis sketsa wajah dengan pensil di kertas. Nanti rencana saya mau melukis wajah pak Sukarno dan gambar Pancasila,”ucapnya. Spw