blank
Wisatawan ketika berada di kawasan Kawah Sikidang Dieng. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ribuan wisatawan memadati sejumlah obyek wisata di dataran tinggi Dieng di akhir pekan hingga hari ini. Mereka tampak memadati beberapa tempat wisata di Dieng.

Wisatawan mengaku tidak takut perihal kebocoran gas di PAD 28 PT Geo Dipa Energi di Desa Karangtengah Kecamatan Batur, Banjarnegara Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022).

Salah satu wisatawan asal Semarang Bungsu Wulandari mengaku tidak takut dengan kejadian gas beracun di PAD 28 PT Geo Dipa Energi. Mengingat lokasi kejadian dengan obyek wisata cukup jauh.

“Saya tahu ada kejadian, tapi tidak takut karena tahu lokasinya kan jauh dari sini (Candi Arjuna),” ujarnya saat ditemui di komplek Candi Arjuna, Dieng Senin (14/3/2022).

Wisatawan lain Agung mengaku baru tahu ada kejadian gas beracun saat sudah di Dieng. Namun demikian, ia dan keluarganya tetap berwisata setelah mendapat informasi dari petugas jika lokasi kejadian jauh.

“Awalnya tidak tahu kalau ada kejadian itu. Baru tahu di sini. Terus tanya sama petugas katanya jauh jadi tetap wisata aja,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Uni Pelayan Teknis (UPT) Dieng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Sri Utami mengatakan kunjungan wisatawan di kawasan wisata Dieng hari ini normal. Semua obyek wisata tetap dikunjungi wisatawan.

Tetap Aman

blank
Komplek Candi Dieng tetap dikunjungi wisatawan paska ada gas beracun. Foto : SB/dok

“Untuk kunjungan wisatawan aman tidak terpengaruh dengan adanya kejadian informasi yang beredar (gas beracun di PAD 28. Meski tahu ada kasus gas beracun mereka tetap datang berwisata,” terangnya.

Hingga pukul 10.00 WIB, jumlah kunjungan wisatawan sudah di atas 3 ribu lebih. Jumlah tersebut akan terus bertambah di siang hari dan pada akhir pekan menjelang bulan ramadan.

“Sekarang jumlah wisatawan yang tercatat di obyek wisata Kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang 3 ribu lebih. Ini masih akan terus bertambah nanti pas siang,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau kepada wisatawan untuk tidak takut dengan kejadian gas beracun. Selain saat ini sudah aman, lokasi tersebut jauh dengan obyek wisata. Sehingga wisatawan tetap aman ketika berada di wilayah Dieng.

“Kepada wisatawan untuk tidak takut karena lokasinya jauh. Di lokasinya juga sudah aman. Pengunjung tidak perlu khawatir karena kondisi Dieng aman dan cukup kondusif,” ujarnya.

Muharno Zarka