Sean Penn

SUARABARU.ID – Sutradara, aktor, sekaligus aktivis Sean Penn terbang ke Ukraina untuk menggarap film dokumenter berlatar invasi Rusia yang terjadi pada Kamis (24/2/2022) lalu. Dokumenter ini merupakan produksi Vice Studios yang berkolaborasi dengan Vice World News dan Endeavor Content.

Sean Penn terbang ke Kyiv, Ukraina, sejak awal minggu ini. Kedatangan aktor peraih piala Oscar itu disambut dengan baik oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Sebagai bentuk dukungan terhadap Ukraina, Sean Penn mengunjungi kantor presiden, berbicara dengan Wakil Perdana Menteri Iryna Vereshchuk, serta jurnalis lokal dan anggota militer Ukraina.

“Sutradara Sean Penn secara khusus datang ke Kyiv untuk merekam semua peristiwa yang saat ini terjadi dan untuk memberi tahu dunia kebenaran tentang invasi Rusia ke negara kita,” demikian pernyataan dari Kantor Kepresidenan Ukraina melalui Kedutaan Ukraina dalam pernyataan resmi pada Jumat (25/2/2022).

“Semakin banyak orang seperti itu, teman sejati Ukraina, yang mendukung perjuangan untuk kebebasan, semakin cepat kita dapat menghentikan invasi keji oleh Rusia ini,” lanjut pernyataan tersebut.

Sebelum ini Sean Penn menyambangi Ukraina pada November 2021, dengan agenda pertemuan dengan pasukan militer di dekat garis depan dengan separatis yang didukung Rusia di Donetsk.

Aktor berusia 61 tahun tersebut telah banyak terlibat dalam misi anti-perang dan kemanusiaan selama bertahun-tahun. Yang paling tersohor ialah mendirikan organisasi nirlaba Community Organized Relief Effort (CORE).

Sofie