Tim gabungan TNI-Polri bersama aparat dari dinas terkait Wonogiri, membagi-bagikan masker gartis kepada pelancong wisata dan memberikan edukasi tentang pentingnya berdisiplin Prokes.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, melaksanakan pemantauan disiplin protokol kesehatan (Prokes) dan pembagian masker di objek wisata.

Juga melakukan monitoring penggunaan aplikasi peduli lindungi dan melakukan tes swab antigen secara random kepada pengunjung wisata dari luar kota. Utamanya yang melancong ke objek wisata Kitagawa dan Istana Parnaraya di Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri.

Hadir dalam kegiatan ini, Kapolsek Sidoharjo AKP Bariman, beserta anggota, personel TNI dari Koramil-17 Sidoharjo dan Tim Medis dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Sidoharjo.

Sebanyak 12 pengunjung wisata yang dites swab, hasilnya negatif. Kepada pengelola dan pengunjung wisata, diseru untuk mematuhi Prokes.

Gakplin Prokes

Sementara itu, Minggu (13/2) Perwira Pengawas (Pawas) dan Peleton Siaga VI Polres Wonogiri, melaksanakan tugas pengamanan gereja dan menggelar operasi yustisi penegakan disiplin (Gakplin) Prokes pencegahan penularan Covid-19.

Bersamaan dengan kegiatan patroli Gakplin Prokes, tim gabungan Covid juga melaksanakan tes swab antigen secara acak kepada pelancong.

Kegiatan ini dipimpin Pawas AKP Suwondo dan Iptu Waskito, bersama Danton VI Ipda Danang Sutrisno dan Wadanton Ipda Untung Subekti. Juga melibatkan personel Linmas pimpinan Kasi Linmas Supriyanto, regu TNI dari Kodim 0728 Wonogiri beserta aparat dari BPBD dan Satpol-PP serta dari Dishub.

Mereka melakukan patroli gabungan dengan sasaran tempat-tempat yang menjadi keramaian publik. Yakni di monumen Patung Bedol Desa, warung-warung makan dan tempat rekreasi kolam renang.

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono, Senin (14/2), menyatakan, tim gabungan memberikan edukasi tentang pentingnya mematuhi Prokes sebagai upaya pencegahan penularan wabah virus corona.

Bersama itu, tim gabungan juga membagi-bagikan masker gratis sebanyak 350 biji kepada pelancong dan warga yang makan dan minum ke warung tapi tidak memakai masker.

Bambang Pur