Wakil Ketua KBP Asprov PSSI Jateng M Syaefudin (kiri) dan anggota Kholid Muktiyono, saat menyampaikan keputusan upaya banding yang dilakukan Alwin Basri dan Aam Ichwan. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wakil Ketua Komite Banding Pemilihan (KBP) Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Tengah, M Syaefudin dan anggota KBP Kholid Muktiyono menyatakan, tidak akan memproses langkah banding yang dilakukan Alwin Basri (Calon Ketua Asprov PSSI Jateng) dan Aam Ichwan (anggota Komite Eksekutif Asprov PSSI Jateng).

Hal itu seperti yang disampaikan Syaefudin pada awak media dalam sesi jumpa pers, di Kantor Asprov PSSI Jateng, kompleks Stadion Citarum, Semarang, Kamis (13/1/2022).

Menurut dia, keputusan itu diambil setelah dilakukan musyawarah bersama anggota KBP, yang hasilnya langsung diumumkan sore itu juga. Penyampaian informasi itu dilakukan, setelah adanya upaya banding yang dilakukan Alwin Basri dan Aam Ichwan.

BACA JUGA: Penantian Lima Tahun Warga Dukuh Karangmangu Brebes Berakhir

”Untuk banding dari Dr Ir H Alwin Basri MM MIkom, kami berpegang pada keputusan Komite Pemilihan Asprov Jateng. Atas putusan KP yang menyatakan tidak bisa mengajukan banding, maka kami dari KBP menyatakan tidak dapat menerima upaya banding Alwin Basri,” kata Syaefudin.

Diungkapkan dia, banding Alwin Basri tidak bisa diterima pihaknya, sehigga tidak akan diproses. ”Berbeda bila banding ditolak itu artinya diproses, tetapi bila tidak diterima maka tidak diproses,” jelas Wakil Ketua KBP itu, yang mengaku menghormati keputusan KP.

Sedangkan untuk banding Aam Ichwan, pihak KBP menolak, karena sudah tertera pada Pasal 9 ayat 9, bahwa keputusan dari Komite Banding bersifat final dan mengikat.

BACA JUGA: Sat Lantas Polres Tegal Kota Operasi Knalpot Brong

Dengan ditolaknya dua nama itu, calon sementara anggota Exco ada 23 nama kandidat Komite Eksekutif Asprov PSSI Jateng. Syaefudin menyampaikan, pada Selasa (18/1/2022), akan disampaikan penentuan atau pengumuman oleh Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Sementara untuk pelaksanaan Kongres Asprov Jateng, baru akan dilakukan Jumat (28/1/2022), di Semarang.

Dikabarkan sebelumnya, bahwa akan ada pemilihan Komite Eksekutif (Exco) Asprov PSSI Jateng. Dan hingga pendaftaran ditutup pada Kamis (30/12/2021), terdapat 25 nama bakal calon yang masuk dalam jajaran pimpinan Asprov PSSI Jateng.

BACA JUGA: Pohon Kelapa Roboh Timpa Rumah Kakek Renta yang Tunanetra

Deretan nama yang mendaftar ini terdiri dari dua calon ketua, dua calon wakil ketua, dan sisanya 21 mendaftar jadi anggota.

Yang mengejutkan, beberapa tokoh politik di Jateng juga ikut mendaftar, seperti Wali Kota Tegal Dedi Yon Supriyono, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Haryoto Paulus (DPRD Surakarta), Joni Kurnianto (DPRD Pati), Danur Rispriyanto (DPRD Kota Semarang), Danang Aji Saputra (DPRD Batang) dan Heri Fitriansyah (DPRD Brebes).

Riyan