blank
RSUD Kudus mulai menyiagakan kembali ruang isolask untuk antisipasi lonjakan Covid-19 saat Nataru. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Sejumlah rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Kudus mulai bersiap menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang bisa saja terjadi di libur natal dan tahun baru 2022, akhir bulan ini.

Sarana prasarana untuk merawat pasien-pasien isolasi pun disiapkan kembali, setelah beberapa waktu sempat nonaktif lantaran melandainua kasus Covid-19 beberapa bulan terakhir.

Salah satu yang mulai bersiap adalah Rumah sakit umum daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus. Rumah sakit berplat merah tersebut memang jadi rumah sakit rujukan pertama untuk penanganan Covid-19 di seputaran Kudus.

Saat lonjakan kasus pada bulan Juni lalu, RSUD Loekmono Hadi sendiri menyediakan hampir 200 tempat tidur isolasi untuk menampung pasien Covid-19.

“Kami sudah mulai bersiap, pengembalian ruang-ruang isolasi juga akan kami laksanakan jika ditemukan adanya indikasi lonjakan,” kata Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus dr Abdul Aziz Achyar, Kamis (16/12).

Selain menyiapkan ruang isolasi, pihak RSUD sendiri kini tengah berproses untuk pengadaan oksigen generator. Dengan tujuan, kejadian kelangkaan oksigen tidak terjadi kembali saat lonjakan benar-benar terjadi.

Walau demikian, Aziz memprediksi lonjakan kasus nanti akan terjadi biasa saja. Mengingat separuh dari penduduk Kudus kini telah menerima vaksinasi Covid-19.

“Walaupun begitu kami tetap akan mengantisipasinya semaksimal mungkin, sehingga tidak terjadi kecolongan seperti pasca lebaran kemarin,” pungkasnya.

Tm-Ab