blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis dan Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan. menunjukkan nota kesepakatan yang ditandatangani, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Guna mendorong kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Magelang, pemkot setempat sepakat bekerja sama dengan  marketplace Tokopedia.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan di Pendapa Pengabdian Rumah Jabatan Wali Kota Magelang, kemarin, antara Wali Kota Muchamad Nur Azis dengan Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan.

Wali kota mengatakan, sudah saatnya UMKM Kota Tidar naik kelas. Salah satunya dengan memanfaatkan Tokopedia sebagai sarana pemasaran produk. Tidak hanya menyasar pasar lokal semata, tapi juga nasional bahkan global.

‘’Kuliner dan barang-barang dari Kota Magelang bisa dipasarkan ke luar kota lewat Tokopedia yang memiliki jangkauan lebih luas dan praktis. Tokopedia merupakan marketplace yang luar biasa, sehingga produk unggulan kita bisa dikenal luas,’’ katanya.

Menurutnya, beragam produk bisa dipasarkan di Tokopedia ini. Maka, dia mendorong Disperindag untuk mampu menggandeng seluruh UMKM di Kota Magelang agar betul-betul memanfaatkan kerjasama tersebut.

‘’Yang istimewa, tidak hanya penjualan produk saja, tapi juga pelayanan publik kita bisa lewat Tokopedia, yakni pembayaran PBB-P2. Harapannya, jenis pembayaran lain juga bisa lewat platform ini, seperti pelayanan perijinan dan sebagainya,’’ ujarnya.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan menerangkan, Kota Magelang memiliki potensi yang besar untuk menyasar pasar digital. Pihaknya  komitmen membantu UMKM lokal untuk naik kelas.

‘’UMKM tidak hanya menjadi raja di kotanya sendiri, tapi juga di luar daerah. Dengan kerja sama ini kami harap UMKM di Kota Magelang bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan dan menjadi raja,’’ harapnya.

Dia menegaskan, kerjasama tidak hanya berkutat pada penjualan, termasuk menyangkut pula program pelatihan bagi UMKM. Pelatihan bisa menjadi sarana meningkatkan penjualan mereka, sekaligus kontrol kualitas produk agar tetap berkualitas.

‘’Sudah sekitar 34 kota/kabupaten di Indonesia yang sudah bekerja sama dengan kami. Termasuk tingkat provinsi, seperti Jawa Tengah dalam hal pembayaran pajak kendaraan bermotor. Untuk pembayaran PBB-P2 sudah dilakukan Kota Semarang dan Surakarta,’’ terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya terbuka menjalin kerjasama dengan kota-kota lainnya dalam rangka mengembangkan ekosistem digital. ‘’Tujuan kami mencakup beragam jenis pelayanan dalam rangka memudahkan masyarakat,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistika (Diskominsta) Kota Magelang, Suryantoro sebagai leading sector kerjasama ini mengaku, bergandengan tangan dengan Tokopedia merupakan kesempatan emas bagi UMKM dalam meningkatkan bisnisnya. Tidak hanya memperluas pasar, tapi juga meningkatkan kualitas.

”Tak kalah penting, kita bisa bayar PBB-P2 lewat Tokopedia. Ini langkah yang luar biasa, sehingga diharap dapat mendukung peningkatan realisasi capaian PBB-P2 di tahun-tahun berikutnya, karena masyarakat makin dimudahkan akses pembayarannya,” jelasnya.

Penulis : Prokompim/Pemkot Magelang

Editor  : Doddy Ardjono