Satu unit personal watercraft dari Sea Doo disiapkan bagi para peserta untuk mencoba lintasan balap air di Pantai Marina, Senin (20/5/2024). (foto hp)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sea Doo Indonesia menggelar Sea Doo Competition Spark Trixx Edition Semarang 2024. Balap jetski untuk menentukan Waktu tercepat ini diadakan di Pantai Marina Semarang.

Digelar pada 24 Mei hingga 2 Juni 2024, kompetisi balap air menggunakan unit Sea Doo personal watercraft ini berhadiah uang tunai senilai total Rp 25 juta yang terbagi untuk juara 1, 2, dan 3.

“Sea Doo Competition ini juga dalam rangka mencari bibit – bibit baru dari kalangan muda,” kata Ade Christian dari Sea Doo Indonesia saat pers conference di Resto Askara, Pantai Marina, Senin (20/5/2024).

Ade menjelaskan, Sea Doo Indonesia menggelar kompetisi jetski ini di empat kota besar Tanah Air. Mulai dari Balikpapan, Kalimantan Timur, kemudian berlanjut putaran kedua di Semarang, kemudian di Makassar, dan terakhir grand final diadakan di Pantai Ancol, Jakarta.

“Nantinya dari tiap-tiap kota akan kita ambil juara tercepat sekira dua hingga tiga orang untuk kemudian kita lombakan lagi di Jakarta,” katanya.

Lebih lanjut Ade mengatakan, kompetisi balap jetski ini khusus untuk para pemula di luar atlet profesional atau mereka yang telah berprestasi di ajang jetski internasional.

Ade Christian dari Sea Doo Indonesia memaparkan kegiatan jetski race Sea Doo Competition di Pantai Marina, Senin (20/5/2024). (foto hp)

Untuk teknis kompetisinya, setiap peserta dating mendaftarkan diri Rp 500 ribu dan mendapatkan 6 kali putaran, dimana 2 putaran pertama untuk mencoba menjajal lintasan dan baru 2 kali 2 putaran berikutnya digunakan untuk mengambil Waktu tercepat.

“Peserta harus melewati rute yang telah ditentukan sejauh 1,5 km menggunakan satu unit Sea Doo. Jadi semua peserta memiliki kesempatan yang sama dan adil menggunakan 1 unit standart personal watercraft yang sama, Spark Trixx 90 HP,” katanya.

Pegiat Pariwisata Kota Semarang, Giarsito Sapto Putratmo, mengatakan, kompetisi balap air bagi pemula di Pantai Marina tersebut selain mencari bibit atlet jetski baru juga menjadi ajang pariwisata.

“Kompetisi ini juga untuk mempromosikan potensi water sport tourism Kota Semarang. Jadi menggabungkan sport tourism berupa jetski race dan fun di Pantai Marina,” katanya.

Hery Priyono