Suasana di pinggir Pantai Indah Kemangi Desa Jungsemi, Kangkung Kendal.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Obyek Wisata Pantai Indah Kemangi(PIK) yang berada di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, untuk beberapa bulan terakhir ini, terus dilakukan penataan.

Kanan kiri lokasi lokasi yang sebelumnya terdapat lapak – lapak yang rentan roboh jika terkena tiupan angin, kini telah diganti dengan bangunan kios yang semi permanen dan tertata rapi.

Semenjak adanya pandemi Covid-19, setiap kios diwajibkan untuk menyediakan tempat bercuci tangan dan Hand Sanitizer secara gratis bagi para pengunjung.

“Tapi kalau masker harus beli. Masker di sini rata- rata harga perbijinya Rp 2.500,” kata pengelola wisata Saefudin, Kamis(20/05/2021).

Menurut Saefudin, sejak adanya pandemi Covid-19 satu tahun yang lalu, tempat wisata yang ia kelola memang sepi. Namun disaat sepi itulah, justru ia manfaatkan untuk berbenah diri menata lokasi agar tempat wisatanya terlihat cantik.

” Selain itu, tempat wisata yang kami kelola waktu itu juga baru launching. Dan masyarakat pun juga belum begitu tahu. Namun karena sekarang masyarakat sudah banyak yang tahu, mau tidak mau kami harus bisa berbenah memperbaiki lokasi,” ujar Saefudin.

Sekarang, lanjut Saefudin, pengunjung yang datang tidak hanya dari Kabupaten Kendal saja, melainkan dari luar Kabupaten Kendal.

“Semarang, Demak, Kudus, Ambarawa, Solo, Temanggung , Batang dan Pekalongan serta beberapa kota lainnya,” ujar Saefudin.

Dikatakan, pada bulan Ramadhan 2021 lalu, mulai ada pengunjung rata- rata tiap harinya 150 orang.

Sedangkan satu hari setelah lebaran hingga sekarang, rata- rata per harinya 2 ribu orang.

“Jika kami total, pengunjung hingga sekarang sudah mencapai 10 ribu orang,” jelas Saefudin.

Saefudin berharap, pandemi Covid- 19 ini segera berakhir, sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala, dan para pengunjung yang datang ke tempat wisata yang ia kelola ini juga semakin bertambah.

Sementara itu, salah satu pengunjung Rumiati(34) warga Gringsing Batang, mengatakan, pergi ke tempat wisata Pantai Indah Kemangi, karena ingin melihat suasana pantai yang indah dan asri ini.

Selain itu, tiket masuk ke lokasi wisata juga murah dan terjangkau bagi siapapun baik anak- anak, anak muda, remaja dan dewasa.

” Saya datang ke Pantai Indah Kemangi ini, karena dapat informasi dari teman. Mumpung sekarang ada waktu luang, saya datang bersama anak dan suami saya,” terang Rumiati.
Hal senada juga dikatakan Subandi(37) warga Ngadirejo, Temanggung. Ia datang ke PIK bersama istrinya karena masih libur panjang dari tempat ia bekerja

Ia datang ke PIK juga ingin melihat suasana pantai agar pikiran segar dan tidak penat.

“Saya ke sini bersama cari hiburan agar pikiran segar kembali mas. Sebelum kerja kembali,”tegasnya.Sp-mm