Dua dari lima anak, tewas tenggelam di alur Kali Kedung Plumpang. Ini merupakan anak dari Kali Keduwang.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dua anak tewas tenggelam di Kali Kedung Plumpang, Dusun Kepuh, Desa Semen, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

Korban terdiri atas Muhammad Raka Kurniawan (12) dan Iqbal Asyifaul Fikri (13), warga Dusun Sedayu RT 1/RW 4, Desa Semen, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri.

Raka, putra dari Gunawan dan masih duduk di bangku Kelas 6 SD. Iqbal, putra Suwarno yang berstatus pelajar Kelas 7 SMP. Keduanya bertetangga dan tinggal se dusun.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dan kapolsek Jatisrono AKP Sukardi, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo, semalam, menyatakan, kejadiannya berlangsung Jumat ssore (16/4).

Terseret Arus

Saat itu, ada lima anak sebaya yang datang ke aliran Kali Kedung Plumpang. Yakni Raka, Iqbal, Hardian, Bintang dan Febri.

Kelima anak itu diduga belajar berenang. Tapi malang, Raka dan Iqbal, hanyut terseret arus ke arah hilir. Tiga rekannya berupaya menolong tapi gagal.

Ketiga rekannya itu kemudian berteriak-teriak minta tolong warga sekitar. Mendengar teriakannya, datang Saksi Gito dan Yatno.

Bersama warga sekitar, Gito dan Yatno, berupaya melakukan pencarian. Juga melaporkan ke pamong desa dan ke Polsek Jatisrono.

Dievakuasi
Personel Polsek Jatisrono dipimpim Kapolsek AKP Sukardi, mendatangi lokasi untuk melakukan penanganan. Kedua korban berhasil dievakuasi.

Personel Babinsa Sertu Lasto dari Koramil-14 Jatisrono Kodim 0728 Wonogiri, bersama jajaran Polsek Jatisrono melakukan penanganan di TKP.

Kedua mayat bocah tersebut, kemudian dibawa ke rumah orang tuanya masing-masing. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh Tim Medis Puskemas Jatisrono II.

Petugas yang memeriksa mayat korban, terdiri atas Agus Sulistyono, Candra dan Ambar. Hasil pemeriksaan, menyimpulkan kematian Raka dan Iqbal karena tenggelam.

Kedua korban disemayamkan di rumah duka, dan rencananya akan dimakamkan Sabtu (17/4) besok.

Bambang Pur