blank
Suasana Muscab secara virtual di Kantor DPC PKB Kabupaten Kendal Jalan Raya Soekarno Hatta Patebon.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU)-Partai Kebangkitan Bangsa(PKB) Kabupaten Kendal menggelar musyawarah cabang(Muscab) ke- 6, di Kantor Dewan Pimpinan Cabang(DPC) Jalan Raya Soekarno Hatta, Patebon Kendal, Sabtu(06/03/2021).

Muscab ini, dibuka Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar, secara virtual dengan aplikasi zoom meeting dan merupakan Muscab serentak seluruh wilayah Jateng dan DIY.

Muhaimin mengatakan, bahwa Muscab ini merupakan upaya refreshing pengurus, pembenahan dan penyempurnaan seluruh jajaran pengurus, mulai DPC hingga tingkat ranting.

Refreshing, penyempurnaan, penyegaran sekaligus pensolidtan pengurus DPC, adalah bagian yang tak terpisahkan bahkan menjadi pondasi utama dari kemajuan PKB dimasa yang akan datang.

“Kemajuan PKB, sebagai salah satu partai politik nasional, sangat penting dan memiliki posisi yang signifikan, untuk menentukan kemajuan demokrasi di tanah air kita,”kata Muhaimin yang biasa dipanggil Cak Imin ini.

Menurut Cak Imin, PKB sebagai partai politik, dengan perolehan posisi tengah atas ini, sangat menentukan warna perpolitikan demokrasi di tanah air.

Partai politik sebagai pilar demokrasi utama, selain media masa, birokrasi, legislatif dan eksekutif serta yudikatif, partai politik merupakan pondasi dasar dari sebuah kemajuan demokrasi.

“Kalau partai politik kuat, sehat, bermutu, maka demokrasi di tanah air kita akan bermutu. Dan kalau partai politik kokoh, kuat mandiri, bermutu, bermartabat maka bermartabatlah demokrasi di tanah air kita,” ujar Cak Imin.

Cak Imin menambahkan bahwa, kalau partai politik di Indonesia sehat, kuat memiliki daya saing yang tangguh, maka sehat dan kuatlah demokrasi di tanah air kita.

Oleh karena itu, PKB yang kuat, solid, kompeten, yang mempunyai integritas, adalah modal bagi sebuah kemajuan demokrasi di tanah air.

“PKB harus menjadi arus utama bagi kemajuan demokrasi kita. PKB harus menjadi virus positif untuk menyebar perbaikan dari sistim politik demokrasi kita. Oleh karena itu, Muscab adalah salah satu pilar dari demokrasi internal PKB yang diuji kemampuannya,”papar Cak Imin.
Sementara itu, Ketua DPC PKB Kabupaten Kendal periode 2018-2023 H Makmun, yang dimintai keterangan terkait Muscab ini, mengatakan bahwa, dirinya masih menunggu hasil dari persidangan- persidangan pleno.

“Yang jelas, tahapan dan proses Muscab ini, satu minggu sebelumnya, kami sudah melaksanakan rapat pleno dan menjaring usulan- usulan dari semua PAC- PAC yang ada di Kabupaten Kendal, yang akan diusulkan menjadi ketua DPC dan ketua pengurus DPC lainnya,”kata H Makmun.

Bahkan, dirinya sudah mengirim lima nama dari masing- masing PAC termasuk dirinya dan sudah ia kirimkan ke DPP.

“Hari ini sudah ada pengurus yang mendapatkan mandat untuk memimpin sidang dan nanti akan diumumkan siapa yang akan menempati struktur pengurus PKB kedepan,”ujarnya.

Makmun mengaku, bahwa jika dirinya dipilih kembali untuk menjadi ketua DPC PKB Kabupaten Kendal periode 2021-2026 nanti, ia akan memperkuat struktur organisasi semua lapisan, hingga ranting PAC.

“Kami tentunya, akan memperjuangkan seperti yang diamanatkan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Artinya partai ini sebagai kontrol terhadap kekuatan eksekutif dan legislatif, sehingga mandat yang diinginkan oleh rakyat bisa selalu terkontrol,”paparnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang hadir pada acara Muscab ini, mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Muscab PKB ke – 6 ini.

Karena pelaksanaan Muscab ini masih dalam kondisi pandemi, Dico meminta seluruh tamu undangan yang hadir, tetap dan harus menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan setelah melakukan kegiatan. Sp-mm