Ruang pers di komplek Gedung DPRD Kabupaten Wonosobo, sangat representatif untuk tempat berkumpul wartawan. Foto: Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Wonosobo, Suwondo Yudhistiro mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-75, bagi insan media di Wonosobo.

Suwondo Yudhistiro (Ketua Komisi A DPRD Wonosobo). Foto: dok

”Saya menyampaikan terima kasih atas kerja sama insan pers dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Terutama terkait kegiatan yang dilakukan DPRD bersama dengan Pemda setempat,” kata Suwondo, Selasa (9/2/2021).

Menurut dia, peran pers sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia sangatlah penting, karena melalui media massa, masyarakat dapat turut melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan.

BACA JUGA : Kapolres Wonosobo Cek Lokasi Retakan Tanah di Tieng

Sehingga ketika terjadi penyimpangan atau ada permasalahan publik, dapat segera diketahui masyarakat, dan dapat dilakukan perbaikan secepatnya. Pers jadi penyambung lidah pemerintah dengan masyarakat.

”Saya berharap, pers di era digital saat ini harus terus berinovasi untuk memberikan informasi secara cepat dan akurat. Karena perkembangan zaman juga mengalami perubahan secara cepat,” imbuhnya.

Insan pers, harap politisi PKB itu, dapat membantu menepis munculnya hoaks yang telah menyebabkan masyarakat mendapatkan informasi keliru, yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat dan bangsa.

Menghadapi era disrupsi ini, lanjut dia, media harus bisa menyesuaikan diri. Perkembangan teknologi menjadikan siapa pun mampu memperoleh informasi secara cepat. Jika pers tidak mengikuti perkembangan zaman, akan ditinggal pembacanya.

”Sebagai elemen penting demokrasi, saya berharap insan pers tetap mampu menjaga independensi, sehingga kredibilitasnya tetap terjaga. Insan pers harus independen dan merdeka dalam menjalankan tugas jurnalistik,” tukasnya.

Muharno Zarka-Riyan