Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang divaksin kali kedua di RSUD dr Soedirman, Senin 8/2.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Komandan Kodim (Dandim) 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang SE MM kembali menjalani suntik Vaksin Covid-19 Tahap II di RSUD dr Soedirman Kebumen, Senin (08/02/21).

Suntik Vaksin Covid-19 buatan Sinovac tersebut dilakukan Dandim untuk kedua kalinya, setelah Senin 25/1 lalu melakukan suntikan Tahap I dengan aman dan lancar.

Menurut penjelasan Dandim 0709 Kebumen, suntik Vaksin Covid-19 Tahap II itu sebagai bukti kepada publik bahwa Vaksin Sinovac benar-benar aman dan tidak memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh.

“Saya sendiri sudah membuktikan langsung. Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa setelah disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac pada 25 Januari lalu, bahkan sejak itu saya merasa lebih baik,”ungkap Dandim di RSUD dr Soedirman.

Sebelum divaksin tahap kedua, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang menjalani skrining di RSUD dr Soedirman.(Foto:SB/Ist)

Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang pun kembali mengimbau kepada semua pihak khususnya masyarakat Kabupaten Kebumen agar tidak perlu khawatir lagi divaksin. Seperti informasi hoaks tidak bertanggung jawab dari oknum media sosial yang pernah beredar beberapa waktu lalu tentang keamanan dan efektivitas Vaksin Covid-19 Sinovac.

Menurut Dandim, Pemerintah telah melakukan uji klinis terhadap Vaksin Covid-19 Sinovac  sebelum melepasnya ke publik. Bahkan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) RI dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan rekomendasi aman dan halal terhadap Vaksin Covid-19 Sinovac sehingga efektivitas tidak perlu lagi diragukan.

Di sela-sela pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Tahap II, Dandim berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjalankan 3M disiplin Protokol Kesehatan. Yakni memakai masker saat di luar rumah, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

“Suntik Vaksin ini bukan untuk membunuh Virus Corona, tetapi untuk membantu meningkatkan imun di dalam tubuh kita sehingga penerapan Disiplin Protokol Kesehatan 3M tetap harus dilakukan, jangan sampai kendor, kendati nanti telah divaksin,”tandasnya.

Selain Dandim 0709 Kebumen, Vaksinasi Covid-19 Tahap II di wilayah Kabupaten Kebumen juga diikuti Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama dan jajaran Forkopimda yang pada pelaksanaannya diatur pihak RSUD dr Soedirman secara bergantian, dengan waktu dan jam telah ditentukan.

Komper Wardopo