Oleh Nila Ubaidah, M.Pd

Menyikapi masa pandemi covid-19 yang belum kunjung usai, penulis memberikan wahana permainan baru untuk dimainkan di rumah bersama seluruh anggota keluarga. Dengan bahan dan alat yang tersedia di rumah,  agar keluarga tetap menikmati suasana stay at home saat Tahun Baru 2021.

Permainan ini sebagai media pembelajaran yang sangat penting untuk dimainkan anak dalam membantu kegiatan pembelajaran dan merupakan arena hiburan saat liburan di rumah bersama keluarga sebagai salah satu ikhtiar memutus penyebaran covid 19.

Salah satu media yang digunakan untuk mengatasi permasalahan adalah media permainan ular tangga Islami. Permainan ular tangga adalah permainan yang mengutamakan kekompakan dan keuletan yang dimainkan oleh beberapa orang. Permainan ini terdiri atas beberapa kotak yang memiliki sejumlah tangga dan ular.

Permainan ini merupakan jenis permainan kompetensi yang berguna dalam melatih kemampuan bekerjasama, dan bisa memperkaya pengalaman sosial, moral, dan menanamkan nilai-nilai Islami bagi anak.

Permainan ini dapat menarik perhatian dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa selama kegiatan pembelajaran sekaligus menanamkan nilai-nilai Islami. Di era gital yang semakin tak terjamah ini perlunya kesadaran akan adab yang semakin berkurang.

Untuk itu adab sangatlah berperan penting dalam suatu pendidikan guna menumbuhkan jiwa-jiwa yang beradab salah satunya dengan memasukan konten Islami dalam sistem pembelajaran. Konten Ular Tangga Islami dalam artikel ini adalah suatu pembelajaran yang berbalut dengan unsur pendidikan Islami di dalamnya. Dalam hal ini bukan berarti mengurangi pembelajaran yang ada.

Namun, konten Islami ini diterapkan agar siswa lebih mengetahui dan memaknai tentang Islam serta hal-hal lain yang perlu dilakukan dan tidak perlu dilakukan yang berkaitan dengan agamanya.

Media permainan ular tangga Islami ini digunakan selama stay at home yang berfungsi untuk memudahkan anak dalam memahami materi pendidikan dasar dalam bentuk kuis atau tebakan dan hafalan. Media permainan ular tangga Islami adalah media yang dapat meningkatkan hasil belajar anak tentang materi pembelajaran yang dipelajari pada jenjang pra sekolah,

Pendidikan Anak Usia dini dan jenjang pendidikan dasar, sekaligus menanamkan nilai – nilai Islami dengan cara yang lebih mudah, menyenangkan, dan menarik. Anak tidak hanya bermain dan belajar menghafal materi, tetapi melalui media permainan ular tangga Islami ini anak dimudahkan dalam memahami materi dasar dan penanaman nilai-nilai Islam sehingga tertarik untuk mencari permasalahan dalam pembelajaran sekaligus mengamalkan budaya, adab dan norma Agama.